Peran dan Fungsi Pers Dalam Pembangunan - El Jabar

Peran dan Fungsi Pers Dalam Pembangunan

ADIKARYA PARLEMEN

BANDUNG, elJabar.com — Dalam rangka pembangunan daerah tentu melibatkan berbagai elemen, termasuk juga media massa. Pers mempunyai peran secara tidak langsung dalam pembangunan di bidang informasi. Pers yang merupakan pilar keempat setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Partisipasi media massa menurut Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat, Mirza Agam,  sangat dibutuhkan dalam agenda pembangunan daerah dengan kekritisannya yang membangun, cerdas, edukatif dan bertanggungjawab.

“Pers memiliki fungsi ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan menegakan keadilan. Pers juga sebagai kontrol terhadap jalannya roda pemerintahan, meluruskan yang berpotensi melenceng,” jelasnya, kepada elJabar.com.

Perkembangan informasi yang begitu cepat harus disikapi dengan kerja profesional, cerdas, kritis dan bertanggungjawab. Termasuk dalam menyajikan berita terkait tentang kasus-kasus kriminal, sosial kemasyarakatan, pengawasan pembangunan dan capaian pembangunan secara berimbang dan mengedepankan tujuan untuk kemaslahatan masyarakat.

Media massa juga harus mampu membangun opini publik. Sehingga Pemerintah Daerah segera cepat tanggap terhadap persoalan publik, karena pers mampu mempertahankan isu publik tersebut.

Pasca reformasi, keterbukaan informasi dunia pers terbuka lebar. Munculnya undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan undang-undang Pers, menandai kebebasan Pers.

“Namun dengan kebebasan yang ada, acap kali dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk kepentingan sepihak. Dan menyimpang dari tugas dan fungsi yang semestinya,” sesalnya.

Kegiatan pemberitaan yang dilaksanakan insan Pers diharapkan kedepannya terus tumbuh dan menggelora, sehingga sasaran dan harapan pembangunan daerah dapat dicapai sesuai yang diinginkan bersama.

Selama ini peran Pers di lingkungan Pemprov Jawa Barat cukup dirasakan positif, sehingga ikut berpengaruh dalam mendorong perubahan dan percepatan pembangunan. Jika dilihat secara kasat mata, banyak perubahan pembangunan melibatkan peran Pers, dengan fungsi kontrol sosialnya.

“Pembangunan yang didasarkan atas aspirasi masyarakat, sesungguhnya telah banyak dilahirkan melalui peran insan Pers,” ungkapnya.

Melalui peran sosial kontrol, perananan Pers dalam berbagai pembangunan daerah menurut Mirza Agam, menjadi hal yang patut diapresiasi. Karena Pers ikut mengawasi berbagai program dan kegiatan pemerintah daerah, baik yang telah maupun belum dilaksanakan.

Dengan adanya kontribusi positif dari peran Pers selama ini, Pemerintah Daerah bersama DPRD perlu meningkatkan dan mempererat kerjasama dengan rekan-rekan Pers, dalam mengawal dan mensosialisasikan pembangunan di Jawa Barat.

“Sepertinya perlu untuk dikolaborasikan dalam sebuah Perencanaan Daerah, yang diselaraskan dengan kepentingan dan keuangan daerah,” ujarnya.

Ini sangat penting karena menjadi bahan evaluasi pemerintah daerah dalam rangka perbaikan program dan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun berjalan. Fungsi kontrol sosial yang disampaikan oleh Pers, baik itu menyangkut dengan program dan kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah maupun kekurangan-kekurangan yang di evaluasi, cukup positif.

“Ini sangat penting bagi pemerintah dalam rangka memperbaiki program dan kegiatan pembangunan,” pungkasnya. (muis)

Categories: Adikarya Parlemen,Parlemen