Peresmian Bendungan Tugu Belum Ditentukan, Persiapan dan Pengamanan Menjadi Perhatian – El Jabar

Peresmian Bendungan Tugu Belum Ditentukan, Persiapan dan Pengamanan Menjadi Perhatian

TRENGGALEK, eljabar.com – Bendungan Tugu yang berada di Desa Ngelinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, tak lama lagi akan segera diresmikan.

Menurut keterangan yang dihimpun, salah satu proyek strategis nasional di Jawa Timur tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari Selasa 30 November 2021. Sebelumnya beredar kabar bahwa rencana peresmian bendungan tersebut akan dilaksanakan pada 25 November 2021.

Meskipun pelaksanaannya masih simpang siur, namun persiapan pengamanan rencana peresmian salah satu bench mark di Trenggalek itu telah dilakukan. Kegiatan gladi kotor untuk pengamanan juga digelar Polres Trenggalek.

Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wijatputra bersama pejabat utama Polres Trenggalek, baik secara rutin dan berkala, melakukan penyisiran pada rute yang akan dilalui oleh Kepala Negara serta jalur alternatif lainnya.

“Kami bersama pejabat utama Polres Trenggalek melakukan penyisiran dan pengecekan rute, material dan objek pengamanan rencana peresmian Bendungan Tugu,” kata Dwi di lokasi Bendungan Tugu, Selasa (23/11/2021) kemarin.

Dwi juga menyampaikan, dari hasil pengecekan lapangan pihaknya menemukan beberapa titik yang perlu mendapat perhatian dari petugas pengamanan, seperti rawan kemacetan, pasar tumpah hingga kondisi jalan yang sempit dan bergelombang.

“Nanti kita koordinasikan dengan pihak-pihak terkait” ujarnya.

Sementara itu, kondisi jalan nasional yang menuju ke arah Bendungan Tugu sudah tidak ditemukan lobang jalan. Benerapa titik lokasi di ruas tersebut sudah dilakukan patching atau penambalan.

Hal ini juga dikemukan oleh PPK 2.3 Jawa Timur Andi Bustami. Menurut Andi, lobang jalan di ruas jalan dari Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Jawa Timur itu telah ditambal.

“Lobang jalan yang menuju ke Bendungan Tugu sudah ditutup dengan patching, begitu juga dengan ruas jalan nasional yang menuju ke arah Bendungan Bendo di Ponorogo. Semua lobang jalan sudah di-patching,” urai Andi melalui sambungan seluler, Kamis (25/11/2021).

Sementara itu, PPK Bendungan III BBWS Brantas, Yudha Tantra Ahmadi mengatakan, rencana peresmian Bendungan Tugu oleh kepala negara masih belum bisa dipastikan waktunya. Hingga saat ini, pihaknya belum mendapat informasi dari pemerintah pusat.

“Sampai saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut,” kata Yudha melalui aplikasi whatsapp, Kamis (25/11/2021).

Akan tetapi, Yudha memastikan bahwa Bendungan Tugu dalam keadaan aman dan normal. Pihaknya juga telah mengendalikan kondisi bendungan, terutama dalam mengantisipasi fenomena La Nina.

Ini dilakukan agar fenomena alam yang menyebabkan terjadinya curah hujan dengan intensitas tinggi itu tidak menimbulkan bencana hidrometeorologi yang akan menimbulkan daya rusak air, seperti banjir.

Sesuai instruksi Dirjen SDA Kementerian PUPR, elevasi genangan Bendungan Tugu dipertahankan pada posisi 215 Mdpl dengan volume 2,6 juta meterkubik, sehingga masih terdapat kedalaman 30 meter dari elevasi tampungan maksimum sebesar 245 Mdpl dengan volume 6,7 juta meter kubik.

Pengendalian elevasi muka air ini dimaksudkan untuk memaksimalkan fungsi pengendalian banjir dari Bendungan Tugu.

Sebelumnya, peresmian Bendungan Tugu akan dilaksanakan pada Desember 2021. Hal ini diungkap Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo pada 7 September 2021 lalu.

Seperti diberitakan media ini https://eljabar.com/presiden-jokowi-resmikan-bendungan-bendo-di-ponorogo/ kepala negara akan meresmikan sejumlah bendungan pada bulan Desember 2021, yaitu Bendungan Tugu di Trenggalek, Bendungan Gongseng di Bojonegoro, Bendungan Pidekso di Wonogiri, Jawa Tengah dan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung. (*wn)

Categories: Nasional