Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Bendo di Ponorogo – El Jabar

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Bendo di Ponorogo

PONOROGO, eljabar.com — Salah satu bendungan yang menunjang program ketahanan pangan dan ketahanan air, kembali diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bendungan Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, telah diresmikan oleh Presiden Jokowi, Selasa (07/09/2021).

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan bahwa bendungan yang dibangun dengan biaya Rp 1,1 triliun tersebut memiliki kapasitas daya tampung sebesar 43 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 170 hektare.

Bendungan Bendo setinggi 74 meter itu, kata Jokowi, akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah dan pasokan air baku sebesar 370 liter per detik.

Selain itu, bendungan yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya dan PT Wijaya Karya ini bisa mereduksi banjir sebesar 31 persen atau setara dengan 117,4 meter kubik per detik.

Selanjutnya, Jokowi mengatakan bahwa sepanjang tahun 2021, sebanyak 17 bendungan yang akan diselesaikan. Sedangkan yang telah diresmikan dan beroperasi 7 bendungan.

“Yang pertama Bendungan Tukul di Pacitan, telah diresmikan Februari, kemudian Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan juga diresmikan Februari 2021, Bendungan Napum Gete diresmikan Februari 2021 dan Bendungan Sindang Heula di Banten yang diresmikan Maret 2021,” beber Kepala Negara.

Sebelumnya, pada 31 Agustus 2021 kemarin, imbuh Jokowi, telah meresmikan Bendungan Kuningan di Jawa Barat dan Bendungan Way Sekampung di Lampung pada awal September 2021.

Dalam minggu ini juga, ujar Jokowi, ia akan meresmikan sejumlah bendungan pada bulan Oktober 2021 yaitu Bendungan Paseloreng, Bendungan Karalloe, Bendungan Ladongi dan Bendungan Bintang Bano.

“Sedangkan yang akan diresmikan pada bulan November 2021 meliputi Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Jawa Barat,” ujar Jokowi.

Untuk Bendungan Tugu di Trenggalek Jawa Timur dan Bendungan Gongseng, Bendungan Pidekso dan Bendungan Margatiga akan diresmikan pada bulan Desember 2021.

Jokowi berharap agar bendungan-bendungan tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya dan disambungkan dengan seluruh jaringan irigasi yang ada sehingga meningkatkan produktivitas di bidang pertanian.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono mengatakan bahwa genangan Bendungan Bendo saat ini baru mencapai 15 persen.

Jika sudah tergenang sepenuhnya, ungkap Basuki, maka Bendungan Bendo akan semakin terlihat indah dan bisa dikelola menjadi potensi pariwisata. (*wn)

 

Categories: Nasional