Peringati Hari Buruh Sedunia (May Day) PT Kahatex Berikan Pelayanan Kontrasepsi MKJP Kepada Para Buruh - El Jabar

Peringati Hari Buruh Sedunia (May Day) PT Kahatex Berikan Pelayanan Kontrasepsi MKJP Kepada Para Buruh

SUMEDANG,eljabar.com – Dalam rangka memperingati hari buruh sedunia 1 Mei (May Day), puluhan buruh di berbagai pabrik di Kabupaten Sumedang dan Bandung diberikan Pelayanan Kontrasepsi MKJP dalam Rangka Hari Buruh Internasional bekerja sama dengan BKKBN pusat di PT Kahatex Cimanggung, Selasa (4/5).

Acara dibuka Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir bersama Deputi KBKR BKKBN Pusat dr. Eni Gustina, Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Setda Pemprov Jabar Dr. Ir Hj. Dewi Sartika, Plt Kepala DP3AKB Jabar dr. Siska Gerfianti, Ketua PKK Kabupaten Sumedang Hj. Susi Gantini, Direktur PT Kahatex beserta jajaran, Kepala BKKBN Provinsi Perwakilan Jabar.

Dalam sambutannya, Bupati Dony mengatakan Sumedang diharapkan menjadi role model dalam penurunan Total Fertility Rate (TFR) di Jawa Barat yang didukung oleh pengendalian penduduk dan kualitas keluarga.

Dijelaskan Bupati, salah satu usaha pemerintah untuk menekan tingkat pertumbuhan penduduk di Indonesia adalah Program Keluarga Berencana (KB).

“KB merupakan salah satu ikhtiar pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat,” imbuhnya.

Bupati juga mengapresiasi kegiatan pelayanan KB secara serentak di Klinik KB Perusahaan yang ada Kabupaten/Kota se-Jawa Barat tersebut.

” Kegiatan ini tentunya disisi akan berdampak bagi keberlangsungan masyarakat depan lebih baik dimulai dari ikhtiar keluarga berencana,” imbuhnya.

Bupati berharap kegiatan tersebut mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Program KB dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Di tempat yang sama Komplain Manager PT Kahatex, yang juga Ketua panitia, Tamami mengatakan sekitar 50 karyawan PT Kahatex diberikan kontrasepsi mulai intrauterine device (IUD), Implan, suntik dan Pil KB.

“Sebetulnya di Poliklinik PT Kahatex juga ada layanan Pil KB dan Suntik, namun untuk IUD dan Implan baru kali ini launching, berkaitan dengan Hari Buruh Sedunia. Kami apresiasi sekali dan berterimakasih kepada pemerintah yang telah mengisi May Day ini dengan kegiatan positif,” katanya.

Tamami menambahkan, karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan dan Pandemi Covid 19, peringatan May Day di PT Kahatex diisi dengan kegiatan positif tidak demo seperti sebelumnya. Apalagi, kata dia, kegiatan diisi dengan program KB secara massal. Tentunya, lanjut Tamami diisi dengan menerapkan protokol kesehatan dan screening yang ketat.

Categories: Regional