Polres Sumedang Gelar Apel Siaga Pengamanan Libur Panjang - El Jabar

Polres Sumedang Gelar Apel Siaga Pengamanan Libur Panjang

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka pengamanan dan antisipasi libur panjang, Polres Sumedang menggelar apel siaga di lapangan mako Polres Sumedang, Jl. Prabu Gajah Agung Nomor 07, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Rabu (28/10/2020).

Adapun pimpinan apel, Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, Komandan Apel Kaurmintu Sat Lantas Polres Sumedang IPDA Adriyanto didampingi Wakapolres Sumedang Kompol Rita Suwadi, dan Kabag Sumda Kompol Suhari serta diikuti 1 Pleton PJU dan perwira Polres Sumedang, 1 pleton Sabhara, 1 pleton Sat Lantas 1 Pleton Staf, 1 Pleton Sat Intelkam, 1 Pleton Sat Reskrim dan 1 Pleton ASN dengan jumlah keseluruhan sekitar 180 Personil.

Kapolres Sumedang dalam arahannya menginstruksikan agar personel yang bertugas dalam pengamanana libur panjang memperhatikan titik-titik kemacetan dan rawan bencana, mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

“Pantau tempat wisata, jangan sampai viral karena ramai dan padat. Bhabinkamtibmas harus bisa bersinergi dengan bhabinsa dan tokoh masyarakat dalam memaksimalkan pembatasan pengunjung. Lengkapi APD (alat pelindung diri), tetap tegakkan protokol kesehatan di tempat wisata dan lakukan penggalangan terhadap tokoh agama terutama yang berhaluan dengan Islam garis keras dan tokoh agama lainnya agar dapat memahi situasi Covid-19,” tegasnya.

Selain itu, AKBP Eko Prasetyo meminta anggota untuk mencegah terjadinya aksi premanisme, kejahatan dan kamseltibcar (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran).

“Lakukan juga kordinasi dengan pihak BPBD dan instansi terkait, waspadai aksi terorisme dengan memanfaatkan situasi yang berkembang saat ini, antisipasi kejahanatan konvensional seperti pencurian rumah-rumah penduduk yang ditinggalkan bepergian dan di tempat rekreasi, dan tingkatkan kewaspadaan pengamanan markas komando, asrama dan rutan Polres serta personil di lapangan agar buddy system,” ungkap Eko.

Pelaksanaan apel siaga tersebut dalam rangka pengamanan dan antisipasi libur panjang (Maulid Nabi Muhammad SAW) tingkat Polres Sumedang serta dalam apel siaga tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditentukan oleh pemerintah. (abas)

Categories: TNI / POLRI