Polres Sumedang Mengantisipasi Potensi Terjadinya Kebakaran di Lingkungan Lapas kelas II B – El Jabar

Polres Sumedang Mengantisipasi Potensi Terjadinya Kebakaran di Lingkungan Lapas kelas II B

Sumedang,eljabar.com – – Polres Sumedang mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran di dalam lingkungan lapas kelas II B Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.. Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hingga menimbulkan korban jiwa seperti di Lapas Kelas I Tangerang.

”Pada Rabu (8/9) mulai pukul 13.00 WIB, kami melaksanakan pemeriksaan dan penertiban instalasi listrik di blok hunian Lapas Sumedang,” ujar Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto melalui Kabag Ops Kompol Djoko Susilo.

“Pengecekan ini juga sebagai bagian dari antisipasi dan langkah pencegahan (kebakaran). Semoga kejadian kebakaran di Tangerang tidak terjadi di Lapas Sumedang,” sambungnya.

Kegiatan ini ungkap Kabag Ops, dilatarbelakangi dengan terjadinya insiden kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang yang terjadi pada Rabu dini hari sekitar pukul 01.53 WIB. Selanjutnya, Kapolres Sumedang, memerintahkan jajarannya seluruh kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Jawa Barat untuk melakukan antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas/Rutan.

Lapas diminta terus meningkatkan kewaspadaan dengan pengecekan penggunaan alat elektronik, memeriksa kondisi kelistrikan pada kantor, memastikan kesiapan alat pemadam api ringan (APAR) agar dalam kondisi siap pakai.

Polisi mengingatkan kepada warga binaan agar jangan mencoba untuk melakukan instalasi illegal di dalam kamar. Sebab petugas akan melakukan pemeriksaan dan penertiban secara rutin, tidak hanya di blok hunian akan tetapi dapur, bengkel kegiatan kerja, dan juga seluruh kantor dilakukan pemeriksaan dan penertiban.
Harapannya agar kejadian di Lapas Tangerang tidak terjadi di Sumedang.

Categories: TNI / POLRI