Progres Jembatan Ploso Jombang Capai 69 Persen, Lalin Sekitar Proyek Jadi Keluhan – El Jabar

Progres Jembatan Ploso Jombang Capai 69 Persen, Lalin Sekitar Proyek Jadi Keluhan

JOMBANG, eljabar.com — Pembangunan Jembatan Ploso Jombang hingga sepekan menjelang HUT Ke 76 RI telah mencapai 69 persen lebih.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Provinsi Jawa Timur Nanang Permadi mengatakan bahwa progres pekerjaan relatif lebih cepat dari yang ditargetkan.

Seperti terlihat pada hari Minggu kemarin, (08/08/2021), konstruksi jembatan di sisi selatan Sungai Brantas telah mencapai bagian sungai tersebut. Sementara deretan tiang pancang yang akan menyangga jembatan tersebut juga telah terpasang di sisi utara.

Pengecoran rigid beton jalan di sisi utara juga terus dikebut. Sementara sejumlah pekerja mengaku sedang mengejar progres pekerjaan struktur bagian atas jembatan.

Sebelumnya, DPU Bina Marga Jatim dan PT KAI bersama instansi terkait juga telah mengeksekusi sejumlah bangunan di atas lahan milik PT KAI yang akan digunakan untuk pembangunan pelebaran jalan raya yang menjadi salahsatu akses utama menuju jembatan tersebut.

Manajer PT KAI Suparmin mengatakan penertiban yang dilakukan untuk kelancaran pembangunan jalan dan Jembatan Ploso Baru.

Sejumlah pihak menilai pembangunan jembatan Ploso Baru yang menghubungkan Kabupaten Jombang dengan Kabupaten Lamongan dan Tuban tersebut, selain mereduksi kemacetan lalu lintas juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah di utara sungai Brantas.

Namun demikian, sejumlah pengendara berharap hendaknya pengaturan lalu lintas di sekitar proyek jembatan Ploso lebih ditertibkan.

Penerangan di lokasi peoyek juga diharapkan diperbanyak. Hal ini, kata Warno, pengemudi truk asal Kabupaten Mojokerto, agar peristiwa kecelakaan dapat ditekan.

“Jalan ke jembatan Ploso sekarang kan bergelombang dan berlobang, mungkin karena mobilitas kendaraan berat proyek. Bagusnya, penerangan di jalan menuju proyek ditambah demi keamanan dan keselamatan yang lalu lalang di situ,” ujarnya.

Pekerjaan Jembatan Ploso Baru sepanjang 1,3 kilometer dengan bentang jembatan 256 meter terus menunjukkan progres signifikan. Diharapkan, dengan lebar jembatan 14 meter maka kemacetan yang kerap terjadi bisa direduksi. (*)

Categories: Regional