PSBB Siap Dilaksanakan, Bupati Sumedang Optimalkan Bantuan Tersampaikan - El Jabar

PSBB Siap Dilaksanakan, Bupati Sumedang Optimalkan Bantuan Tersampaikan

SUMEDANG, eljabar.com — Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia telah meluas di  berbagai wilayah Indonesia, khususnya wilayah Jabodetabek yang  menjadi epicentrum atau pusat penyebaran virus tersebut dan menyebar sangat cepat ke kota/daerah lainnya antara lain ke wilayah Bandung.

Kabupaten Sumedang sebagai salah satu daerah yang berbatasan dengan wilayah Bandung sebagai bagian dari kawasan Bandung Raya sangat rentan akan resiko penyebaran virus tersebut.

Oleh karena itu, Implementasi PSBB di Kabupaten Sumedang mulai diterapkan pada tanggal 22 April 2020 dan diharapkan efektif dalam menerapkan aturan PSSB tersebut, dan peran ulama sangat penting dalam Pelaksanaan PSBB berkaitan dengan Perbatasan Kegiatan Keagaman.

Pagi tadi, Senin (20/04/2020), Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan  melakukan Video Conference bersama Kemenag, MUI dan Tokoh Agama dengan topik peran ulama dalam pelaksanaan PSBB di Kabupaten Sumedang yang dilaksanakan di Gedung Negara.

Bupati menyebutkan tujuan dari PSBB adalah untuk membatasi kegiatan tertentu dan pergerakan orang/barang dalam menekan penyebaran Corona, meningkatkan antisipasi perkrmbangan ekskalasi, memperkuat upaya peanganan kesehatan dan mrnangani dampak sosial ekonomi dari penyebaran Virus COVID 19 tersebut.

Dikatakan Bupati lebih lanjut, ada beberapa hal yang yang perlu diperhatikan selama PSBB berlangsung diantaranya pembenasam pembelajaran disekolah, pembatasan aktivitas bekerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat umum, pembatasan kegiatan sosial dan budaya serta pembatasan pergerakan orang dan barang menggunakan moda transportasi.

Ditambahkan Bupati, untuk mengoptimalkan PSBB tersebut Kabupaten Sumedang membuat check point uang dibagi menjadi 3 bagian yaitu Check Point A tersedia di 26 Kecamatan dibawah Koordinasi dengan Forkopimcam, Check Point B oleh tim Unsur Satpol PP bekerja sama TNI dan Polri dan Check Point C pengawasan terhadap moda transportasi yang digunakan diwilayah perbatasan.

Bupati juga menyebutkan 10 titik posko pemantauan diataranya Gapura masuk Sumedang Jatinangor, jalan masuk perbatasan Cimanggung, Cikaramas-Tanjungmedar, Ciawitali-Buahdua, Cibuluh Ujungjaya, Tolengas Tomo, Cilengkrang-Wado, Krisik-Jatinunggal, Buanamekar-Cibugel, dan Soggom-Surian.

Sementara itu Wabup menegaskan himbauan kepada masyarakat Kabupaten Sumedang untuk tidak mudik dan melaksanakan ibadah di rumah saja serta membantu mensoalisasikan dalam penerapan PSBB di kabupaten Sumedang.

Wabup juga berharap dengan kerjasama semua stakholder ini mampu menjadi bagian solusi   pencegahan penyebaran COVID 19 dan menjadi bagian yang mensukseskan PSBB tersebut. (Abas)

Categories: Pemerintahan