PT Kahatex Raih Sertifikat Green Industri dari Kementrian Perindustrian - El Jabar

PT Kahatex Raih Sertifikat Green Industri dari Kementrian Perindustrian

SUMEDANG, eljabar.com — Manajer Umum Bidang Humas dan Lingkungan Luddy Sutedja, didampingi Compliance Manajer, Tamami sekaligus penanggungjawab Green Industri PT. Kahatex menyatakan, bahwa PT. Kahatex merupakan salahsatu perusahaan tekstil terbesar se Asia Tenggara yang memiliki tak kurang dari 33.000 karyawan, telah mendapatkan sertifikat Green Industri dari Kementrian Perindustrian pada Senin (16/12/2019) lalu.

“PT Kahatex menjadi salahsatu perusahaan tekstil pertama di Indonesia yang meraih penghargaan sertifikat Green Industri. Hal ini merupakan pengakuan tertinggi dari Kementrian Perindustrian bagi perusahaan yang telah menjalankan prinsip prinsip green industri,” ujar Luddy kepada wartawan seusai menerima kunjungan rombongan dari Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unido) dan Kementrian Perindustrian di PT Kahatex jalan raya Bandung-Garut KM 23, Kamis (19/12/2019).

Sementara itu, Compliance Manajer, Tamami sekaligus penanggungjawab Green Industri PT. Kahatex mengatakan, bagi perusahaan tekstil tentunya, tak mudah untuk meraih penghargaan tersebut sebab, harus melalui audit Lembaga Sertifikat Industri Hijau (LSIH) yang terdaftar serta ditunjuk oleh Kementrian Perindustrian.

“Audit dari LSIH ini, dilaksanakan secara independent, transparan berdasarkan fakta dan data,” terangnya.

Tak hanya itu, sambung Tamami, terdapat 15 aspek yang menjadi ruang lingkup penilaian yakni, 9 aspek teknis dan 6 aspek manajemen.

“Aspek teknis meliputi, bahan baku, zat warna dan bahan penolong, energi, air, proses produksi, produk, kemasan, limbah dan emisi GRK. Sedangkan 6 aspek lainnya seperti, kebijakan dan organisasi, perencanaan strategis, pelaksanaan dan pemantauan, tinjauan manajemen, tanggungjawab lingkungan sosial dan fasilitas karyawan,” paparnya.

Menurut Tamami, pengahargaan sertifikat Green Industri yang diberikan Kementrian Perindustrian kepada PT Kahatex diterima langsung oleh salahsatu Top Manajemen, Mr. Julian Song.

“Ini merupakan prestasi luarbiasa, dan kami akan menjaganya se optimal mungkin,” tandasnya. (Abas)

Categories: Ekonomi