Puskesmas Di Sumenep Tidak Lokcdown, Kadinkes: Ini Usaha Kemanusiaan Kami | El Jabar

Puskesmas di Sumenep Tidak Lokcdown, Kadinkes: Ini Usaha Kemanusiaan Kami

SUMENEP, eljabar.com Pada masa pandemi covid-19 ini, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak akan di lakukan penutupan sementara (Lokcdown).

Hal itu, tidak lain untuk memberikan pelayanan terbaik  pada masyarakat yang berada di kota keris ini melalui Puskesmas.

Kepala Dinkes Sumenep, Agus Mulyono mengaku bahwa, ada beberapa tenaga kesehatan (Nakes) ayang terpapar Covid-19. Namun hal itu, tidak akan memengaruhi kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Jadi, tidak akan sampai dilakukan lockdown. Ini adalah sebuah usaha kemanusiaan, kami tidak akan sampai melakukan lockdown kepada Puskesmas yang Nakesnya terpapar Covid-19, sebab jika itu dilakukan maka akan semakin mempersulit pelayanan, terlebih dalam situasi seperti ini,” kata Agus. Kamis, (15/07/2021).

Sebab menurut Agus,  Nakes yang terpapar Covid-19 di beberapa Puskesmas sifatnya akumulatif dan tidak bersamaan. Bahkan saat ini sudah banyak yang sembuh serta bekerja seperti biasanya.

“Yang terpapar Covid-19 itu tidak berbarengan, jadi ada yang sudah sembuh dan kembali lagi bekerja untuk melayani masyarakat. Rata-rata mereka melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan, bagi Nakes yang tidak bisa melakukan isolasi mandiri, maka akan dilakukan rujukan isolasi atau perawatan di rumah sakit.

“Hampir semua Nakes yang terpapar Covid-19 di Sumenep pada umumnya melakukan isolasi mandiri, kecuali memang ada yang harus dirujuk ke rumah sakit, baru kita lakukan,” tambahnya.

Selain itu, Agus mengaku, sampai saat ini, akan terus melakukan upaya demi  memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini

Dari itu, Agus meminta dukungan dari semua elemen, utamanya masyarakat, dan kepada Nakes untuk melakukan upaya terbaik untuk memaksimalkan pelayanan.

“Saya berharap agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir, perjuangan para Nakes yang ada sudah dituangkan sepenuhnya. Namun tanpa dukungan dari masyarakat, maka itu juga akan percuma. Itu sebabnya masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan kita bersama,” tutupnya. (ury)

Categories: Regional