Rakor BBWS Bengawan Solo Bahas Perencanaan dan Pelaksanaan Pengendalian Banjir Kali Lamong – El Jabar

Rakor BBWS Bengawan Solo Bahas Perencanaan dan Pelaksanaan Pengendalian Banjir Kali Lamong

SUKOHARJO, eljabar.com – Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo hadir dan memfasilitasi rapat koordinasi dengan Badan Koordinasi Wilayah (BAKORWIL) Pemerintahan dan Pembangunan Kabupaten Bojonegoro, DPU SDA Provinsi Jawa Timur, dan Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jawa Timur di Kantor BBWS Bengawan Solo dii Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa, (23/11/2021).

Kegiatan dalam rangka Koordinasi Pengendalian Banjir Kali Lamong dan Anak Sungainya dihadiri oleh Kepala BBWSBS, Agus Rudyanto dan pejabat di lingkungan BBWSBS tersebut diselenggarakan dengan tetap menerapkan prokes pencegahan Covid-19.

Rakor yang diikuti oleh 50 peserta perwakilan Forkopimda Provinsi Jawa Timur tersebut membahas Finalisasi Draft Nota Kesepakatan serta tindak lanjut pengendalian banjir Kali Lamong dan anak sungainya. Pembahasan tersebut juga merupakan pembahasan rencana kerja yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

Perlu diketahui, Kali Lamong termasuk dalam kategori sungai intermitten dengan penampang yang relatif datar. Sungai tersebut juga memiliki 34 anak sungai dengan kapasitas maksimal sungai utama ±250 M3/detik sedangkan debit saat musim penghujan dapat mencapai >700 M3/detik. Oleh karenanya, BBWS Bengawan Solo melakukan koordinasi dengan BAKORWIL Kabupaten Bojonegoro, Dinas PU SDA Provinsi Jawa Timur, serta Biro Administrasi Pemerintahan dan OTODA Provinsi Jawa Timur terkait langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pengendalian banjir Kali Lamong dan anak sungainya.

Agus Rudyanto berharap agar kegiatan ini nantinya dapat memecahkan permasalahan yang ada di Kali Lamong serta sebagai upaya pengendalian banjir Kali Lamong.

“Perlu diketahui jika penyebab banjir Kali Lamong ada dari berbagai penjuru yang harus diperhatikan sehingga kami sangat menyambut hangat kegiatan ini. Mudah-mudahan apa yang dikoordinasikan hari ini bisa menghasilkan kesepakatan yang bisa disampaikan kepada Menteri PUPR untuk mendukung kegiatan Pengendalian Banjir Kali Lamong yang nantinya juga dapat digunakan sebagai payung hukum,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bakorwil Bojonegoro Agung Subagyo mengucapkan terima kasih kepada BBWS Bengawan Solo yang telah memfasilitasi kegiatan koordinasi Pengendalian Banjir Kali Lamong.

Agung berharap agar kegiatan koordinasi tersebut dapat mencapai kesepakatan dalam upaya Pengendalian Banjir Kali Lamong. (bbwsbs/fira/*)

Categories: Nasional