Pasokan Berkurang, Harga Cabai Merah TW di Pasar Tradisional Kota Sukabumi Alami Kenaikan – El Jabar

Pasokan Berkurang, Harga Cabai Merah TW di Pasar Tradisional Kota Sukabumi Alami Kenaikan

SUKABUMI, eljabar.com — Komoditas harga cabai merah besar TW pekan ini mulai alami kenaikan harga, berdasarkan pemantauan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskoperindagin) Kota Sukabumi, di sejumlah pasar tradisional Kota Sukabumi, saat ini dikisaran Rp44 ribu per kilogram, atau naik sekitar Rp10 ribu dari harga sebelumnya.

“Kenaikan harga pada komoditas cabai merah besar TW itu terjadi karena kurangnya pasokan dari petani lokal. Salah satu penyebabnya karena pasokan¬† dari daerah lokal menipis jadi barang didatangkan dari luar daerah,” ujar Kepala Seksi Pengawasan Barang Strategis pada Diskopdagrin Kota Sukabumi, M. Rifki, Selasa (23/11/2021).

Selain pasokan, faktor lain yang menyebabkan kenaikan pada komoditas tersebut, karena cuaca yang mempengaruhi produksi cabai di tingkat petani.

“Jadi, cuaca saat ini dnegan intesitas curah hujan, mempengaruhi juga terhadap cabai,” ujarnya.

Menurut Rifki, kondisi harga cabai merah besar TW yang terhitung tinggi tersebut  kemungkinan tidak akan berlangsung lama. Pasalnya,  barang dari luar daerah mulai masuk ke Kota Sukabumi.

Meskipun demikian, pihaknya tetap memantau pergerakan harga cabai merah besar TW di pasar dan akan segera berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan setempat. Sedangkan bahan pokok penting lainya, terpantau stabil dan pendistribusian lancar dan aman.

“Untuk bahan pokok penting lainya, terpantau normal, stoknya cukup tersedia,” pungkansya. (Anne)

Categories: Regional