Sangsi tak Bermasker, Sumedang Tunggu Keputusan Pemprov Jabar - El Jabar

Sangsi tak Bermasker, Sumedang Tunggu Keputusan Pemprov Jabar

SUMEDANG, eljabar.com — Pemerintah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat hingga kini masih menunggu aturan resmi terkait sanksi denda bagi warga yang tidak menggunakan masker.

“Berkaitan sanksi bagi masyarakat yang beraktivitas diluar rumah tanpa mengenakan masker, kita masih menunggu keputusan dari Pemprov Jawa Barat,” kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, kepada sejumlah wartawan, di Gedung Negara Sumedang, Senin (27/07/2020).

Menurut Bupati Sumedang, terkait sanksi denda bagi warga yang tidak memakai masker ini pihaknya sejauh ini sudah melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap warga Sumedang.

“Sosialisasi sudah, edukasi sudah, tinggal menerapkan penindakan sanksi denda,” kata bupati.

Dikatakan bupati, berdasarkan informasi terakhir yang diterima terkait penerapan sanksi denda ini, Pemprov Jabar masih melakukan sosialisasi dan nantinya pasti ada tahapan-tahapannya.

“Penerapan sanksi tersebut sebetulnya memang perlu dilakukan, karena masker ini sangat berguna untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Kendati demikian, bupati menyebutkan, pihaknya tengah mempersiapkan segala persiapan- persiapan yang berkaitan dengan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di wilayahnya.

“Kami akan lebih memperketat lagi izin-izin yang berkaitan dengan keramaian dan pertemuan yang mengundang massa, terutama dari sisi jumlah pengunjung, dan pertemuan-pertemuaan di ruangan tertutup yang ber AC harus sesingkat-singkatnya harus dibawah 1 jam,” kata bupati.

Ditambahkan Dony, pihaknya mengimbau kepada warganya untuk betul-betul menerapkan protokol kesehatan pencegahan persebaran Covid-19. Selain itu, Dony mengimabu masyarakat untuk selalu mengenakan masker ketika berakitivitas di luar rumah, karena penyebearan Covid-19 bukan hanyadroplet benda saja, tetapi bisa menular dari udara.

“Kita sosialisasi sudah, edukasi sudah, dan sekaranng ada peraturan Gubernur Jawa Barat yang akan menindak warga yang tidak menggunakan masker,” katanya. (Abas)

Categories: Pemerintahan