Kepala SDN dan Oprator, Gugus 1-4-8 Antusias Jalani Pembuatan KTSP - El Jabar

Kepala SDN dan Oprator, Gugus 1-4-8 Antusias Jalani Pembuatan KTSP

KAB. BANDUNG, eljabar.com – Kepala SDN, oprator SD serta Gugus 1, 4 dan 8 jalani pembuatan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), bertindak penyampai materi pengawas SD Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat di SDN Permata Hijau, Senin (27/07/2020).

Korwil Kec. Rancaekek, Eman Sulaeman, S.Pd., MM menjelaskan, “KTSP bukan baru, tenteunya kepala sekolah harus menyesuaikan dengan kondisi dilapangan, yakni Covid-19. Ketika membuat KTSP pola pembelajaran disesuaikan masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Kecamatan Rancaekek, imbuh Eman, sudah berjalan belajar dirumah melalui daring dan luring. Guru memberikan materi tugas melalui hardcopy atau buku pelajaran kemudian dilaksanakan diluar sekolah.

Adapun penyampai materi pembelajaran jarak jauh dan belajar dirumah oleh H. Yayat, Kotruksi KTP Dodo, Penyusun KTSP, H. Oom Rukmana, Ummi Kulsum, Rina Roslina dan Nurhayati.

“Sedangkan hari Selasa di SDN 1 Kencana untuk Gugus 2, 3 dan 9. Rabu di SDN 1 Cangkuang untuk Gugus 5, 6 dan 7,” pungkas Eman.

Ketua cabang PGRI Rancaekek, Yayat RS menjelaskan, “PGRI selaku organisasi perjuangan, profesi, dan kekaryaaan, merasa bangga kendati Covid-19 kepala sekolah sudah melaksanakan pembelajaran melalui daring maupun luring, ini yang saya banggakan,” imbuh Yayat.

Peran penting guru, tutur H. Yayat, membantu ketidakpastian yang disebabkan pandemi, serta melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu. Guru harus terus mendukung siswa, sementara akses fisik ke sekolah ditutup dan harus dapat melibatkan siswa dalam bentuk pembelajaran jarak jauh, yakni daring dan luring. A56

Categories: Pendidikan