Sejak Dipegang Dishub, Pendapatan Parkir Kota Sukabumi Selalu Melampaui Target - El Jabar

Sejak Dipegang Dishub, Pendapatan Parkir Kota Sukabumi Selalu Melampaui Target

SUKABUMI, eljabar.com — Semenjak habis kontrak pengelolaan parkir di Kota Sukabumi oleh pihak ketiga di tahun 2018 lalu. Dinas Perhubungan (Dishub) setempat mengaku, jika setiap target yang ditentukan selalu over.

Kepala UPT. Parkir Dishub Kota Sukabumi Rudi Hartono mengungkapkan, dalam kurun waktu tahun 2018 hingga tahun 2020, grafik pendapatan parkir untuk menyumbang ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) trennya positif.

“Alhamdulillah, sejak dialihkan lagi ke Dishub, pendapatan dari parkir selalu melebihi target yang sudah ditentukan,” ujar Rudi, Rabu (20/01/2021).

Rudi mengungkapkan, di tahun 2018, dari target Rp1,7 miliar tercapai Rp2,028 miliar, kemudian di tahun 2019 dari target 2,7 terealisasai sebesar Rp3 miliar, dan ditahun 2020 disaat pandemi pihaknya mengaku melebihi target yang sudah ditentukan sebesar Rp2,078 miliar lebih.

“Alhamdulillah, perolehan parkir untuk menyumbang ke PAD, selalu over target,” bebernya.

Meskipun begitu lanjut Rudi, pihaknya berharap, agar pengelolan parkir di Kota Sukabumi secepatnya bisa diambil alih oleh pihak ketiga kembali.

“Mudah-mudahan di tahun ini pengelolan parkir bisa di ambil lagi oleh pihak ketiga,” ujarnya.

Di tahun 2021 ini tambah Rudi, pihaknya akan menerapkan sistem parkir denegan menggunakan teknologi, yang loaksinya da di ruas jalan. Yaitu, sepanjang Jalan A.Yani dan ciwangi.

“Nanti siistemnya teknologi. Tapi, planing itu belum bisa disosialisasaikan saat ini, karena kemungkinan akan di usulkan juga ke pihak ketiga, karena sistem itu sudah masuk ke KAK (Kerangka Acuan Kerja),” ucapnya.

Disisi lain tambah Rudi, pihaknya tengah mencari lahan untuk dijadikan kantung parkir. terutama di kawasan pedestrian jalan djuanda (Dago).

“Jujur kita kekurangan lahan parkir, makanya kami sedang berusaha untuk mencari lahan parkir, terutama di kawasan pedestrian dago yang sat ini hanya bisa kendaraan roda dua saja yang parkir,” pungkasnya. (Anne)

Categories: Ekonomi