Pasca Terdampak Banjir, Kerusakan Jalan Nasional di Tuban Diperbaiki - El Jabar

Pasca Terdampak Banjir, Kerusakan Jalan Nasional di Tuban Diperbaiki

TUBAN, eljabar.com — Kondisi ruas jalan nasional di Tuban yang rusak akibat dampak banjir bandang mulai diperbaiki.

Banjir bandang yang terjadi di awal tahun 2021 tersebut menurut Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto, mengakibatkan jalan nasional yang terletak di Kecamatan Plumpang, Grabagan dan Widang mengalami kerusakan cukup parah di jalur pantura Tuban.

Pasca Terdampak Banjir Kerusakan Jalan Nasional di Tuban Diperbaiki 1

Sementara itu PPK 4.5 ruas jalan Tuban-Babat-Lamongan-Gresik, I Ketut Payun Astapa, mengatakan, kerusakan jalan yang terdampak banjir tersebut sudah mulai diperbaiki.

Perbaikan itu dilakukan di spot-spot lokasi yang urgent seperti di Minoharjo Kecamatan Widang, Sumberagung Kecamatan Plumpang dan Jalan Kragan-Rembang-Surabaya.

Pasca Terdampak Banjir Kerusakan Jalan Nasional di Tuban Diperbaiki 4“Pengerjaanya akan selesai bulan ini,” ujar Payun Astapa.

Sedangkan untuk penanganan seluruh kerusakan di ruas Tuban-Babat-Lamongan-Gresik, pihaknya masih menunggu lelang tahun anggaran 2021 dilaksanakan.

Sebelumnya, kerusakan jalan yang terjadi di jalur pantura Tuban itu tak luput dari perhatian Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak.

Pasca Terdampak Banjir Kerusakan Jalan Nasional di Tuban Diperbaiki 3Dijelaskan Emil, tendensi kerusakan jalan di saat musim hujan kerap mengalami peningkatan. Salah satu faktor penyebabnya adalah bencana banjir.

Namun demikian, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali, menurut Emil telah membuat rencana penanganan yang masif dengan membentuk delapan tim untuk menangani ruas jalan Gresik-Lamongan dan Tuban-Bojonegoro.

Bahkan untuk penanganan tersebut BBPJN Jatim-Bali telah menyiapkan multy years contract yang harus memperoleh persetujuan Kementerian Keuangan. (*wn)

Categories: Nasional