Sejumlah Bapokting Turun Harga, Diskopdagrin Kota Sukabumi Sebut Masih Dalam Batas Kewajaran - El Jabar

Sejumlah Bapokting Turun Harga, Diskopdagrin Kota Sukabumi Sebut Masih Dalam Batas Kewajaran

SUKABUMI, eljabar.com — Harga bawang putih pekan ini alami penurunan harga sekitar tiga rupiah, atau dari semula Rp35 ribu menjadi Rp32 ribu/kg. Sedangkan bawang merah lokal naik semula Rp28 ribu menjadi Rp30 ribu/kg. Begitu juga dengan daging ayam broiler saat ini dibandrol dikisaran Rp28 ribu dari harga sebelumnya Rp26 ribu/kg.

“Hasil monitoring harga Bahan pokok penting (bapokting) di Pasar pelita dan TIpar Gede barusan, ada beberap komoditi yang alami naik dan turun harga,” ujar Kasie Pengawasan Barang Strategis Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagrin) Kota Sukabumi Rifki Mohamad, Sabtu (02/05/2020).

Rifki mengungkapkan, adanya penurunan harga di beberapa komoditi tersebut, bisa saja barangnya melimpah sedangkan permintaan menurun.

“Kalau yang alami penaikan harga, bisa saja didorong dengan naiknya harga input (pupuk, bibit, benih, obat, peralatan, serta tenaga kerja), sehingga harga produk komoditas juga naik,” ucapnya.

Sementara untuk bapokting dan barang strategis lainya tergolong stabil. Misalkan beras Ciherang Cianjur masih bertahan Rp11.500 per kg, begitu juga dengan beras Ciherang dari Sukabumi masih normal Rp9.400 per kg. Kemudian minyak goreng (curah) masih bertahan di angka Rp10 ribu dan gula pasir tetap Rp11 ribu per kg.

“Beberapa komoditas lainya masih terpantau stabil,” tutur Rifki.

Sampai saat ini semua stok bapokting cukup tersedia, serta fluktuasi harga masih dalam batas kewajaran. Begitu juga dengan penyaluran dan pendistribusian barang-barang tersebut dalam kondisi aman dan lancar.

“Saat ini semua ketersediaan bapokting dan bahan startegis lainya tergolong aman,” pungkasnya. (anne)

Categories: Regional