Sepuluh Kelompok PEKKA Desa Malaka Dapat Bantuan Dari Pemda – El Jabar

Sepuluh Kelompok PEKKA Desa Malaka Dapat Bantuan Dari Pemda

Sumedang, eljabar. Com — Sebanyak 10 kelompok Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dalam program Sekolah Perempuan Menggapai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) di Desa Malaka Kecamatan Situraja mendapatkan bantuan dari Pemda Sumedang.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman kepada perwakilan kelompok PEKKA pada kegiatan Sapa Warga di Desa Malaka Situraja, Rabu (5/1/2022).

“Semuanya sepuluh kelompok dimana masing-masing mendapat Rp. 2 juta. Jadi total semuanya Rp. 20 juta rupiah,” jelasnya.

Sekda menambahkan, dalam situasi sulit sekarang perempuan bisa menjadi penopang ekonomi keluarga di samping menjadi ibu rumah tangga.

“Kalau keluarganya produktif, insyaallah dari sisi pendapatan dan sisi pengeluarannya efisien. Tahun 2022 ini kesejahteraan keluarga bisa lebih meningkat dengan motor penggeraknya ibu-ibu,” tutur Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Ani Gestapiani menyebutkan, PEKKA merupakan salah satu kegiatan P3A yang masuk dalam Tupoksi DPPKBP3A Kabupaten Sumedang .

PEKKA ini, kata Ani, bertujuan untuk meningkatkan kemandirian perempuan kepala keluarga terutama yang ‘single parent’ dengan dikoordinir oleh  DPPKBP3A.

“Tujuannya agar perempuan bisa lebih mandiri. Di Sumedang yang sudah mendapat bantuan ada 50 kelompok. Tapi untuk hari ini yang mendapat bantuan ada 10 kelompok,” kata Ani.

Lebih lanjut ia mengharapkan para ibu rumah tangga yang masuk dalam kelompok PEKKA ini bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan, baik di desa maupun di lingkungannya

Categories: Regional