Serah Terima Pengelolaan Kios Kawasan Pantai Prigi, PPK BPB Any Virgyani: Pariwisata Lebih Menggeliat – El Jabar

Serah Terima Pengelolaan Kios Kawasan Pantai Prigi, PPK BPB Any Virgyani: Pariwisata Lebih Menggeliat

SURABAYA, eljabar.com — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui PPK BPB Satker PPPW II, Any Virgyani, melakukan Sosialisasi Pengelolaan Kios Kawasan Pantai Prigi TA. 2022.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan bersama Bupati Trenggalek M. Nur Arifin serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di Kawasan Pantai Prigi.

“Penataan Kawasan Pantai Prigi ini upaya Pemerintah membuat pariwisata lebih menggeliat,” kata Any, dikutip dari

Any mengharapkan bangunan yang sudah terbangun dapat dimanfaatkan sehingga menunjang kegiatan perekonomian masyarakat Kabupaten Trenggalek.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa Penataan Kawasan Pantai Prigi pertama kali dilaksanakan pada tahun anggaran (TA) 2019.

Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan pada TA 2020 dan selesai April 2021, bertepatan dengan melonjaknya kasus Covid-19 yang berdampak pada industri pariwisata setempat.

“Saya bersyukur serah terima kunci dan sosialiasi pengelolaan telah dilaksanakan agar bangunan dapat segera dimanfaatkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan Pantai Prigi dapat kembali menjadi ikon wisata kebanggaan di Kabupaten Trenggalek,” ujarnya.

Potensi wisata Prigi ini cukup besar, secara luasan merupakan wisata pantai terluas sehingga mampu menampung banyak pengunjung. Namun dibutuhkan usaha keras tidak hanya dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek, namun juga menggandeng peranan masyarakat, khususnya pemuda dan asosiasi seni daerah setempat.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto menambahkan, penyerahan kios kepada masyarakat meliputi 6 kafe, 16 kios pujasera, 24 kios ikan asap, dan 20 kios lainnya serta harapannya sarana prasarana ini kegiatan di Pantai Prigi ini semakin diminati wisatawan.

Sedangkan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan wajah baru area pujasera yang semakin cantik ini dengan baik.

Sehingga, imbuh Nur Arifin, Kawasan Prigi 360 bisa bangkit kembali mengingat kawasan ini dulu dikenal sebagai destinasi wisata primadona di Kabupaten Trenggalek.

“Makanya saya pesan kepada Pak Camat, kepada Dinas Pariwisata untuk kemudian membuat event, terus mengelola ini dengan baik, karena memang itu yang kita harapkan serta mengingatkan para petugas untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan pengendalian jumlah pengunjung dengan aplikasi Peduli Lindungi, “agar pariwisata tetap bisa berjalan dan tahan terhadap pandemi Covid-19,” tandasnya.

Namun begitu, Nur Arifin juga mengingatkan masyarakat untuk mengedepankan protokol kesehatan secara disiplin. Dengan begitu, pengelolaan kios di kawasan pantai itu tidak lagi buka tutup.

“Kalau pandeminya terkendali maka aktivitas ekonomi akan bisa terus berjalan,” imbuhnya.

Upaya pemerintah untuk mempercantik Pantai Prigi melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur dapat menggairahkan destinasi wisata pantai yang dulu menjadi ikon Kabupaten Trenggalek tersebut. (*wn)

Categories: Regional