Sesuai SOP, Dihari Ketujuh Tim SAR Hentikan Pencarian Anak Tenggelam di Sungai Cimanuk

INDRAMAYU, eljabar.com — Pencarian satu korban tenggelam di sungai Cimanuk hingga pukul 16.00 WIB masih nihil. Deden Ridwansah selaku SMC (SAR Mission Coordinator) memberikan arahan kepada tim untuk menutup operasi pencarian sesuai dengan SOP yang berlaku.

“Sesuai dengan SOP dalam pencarian dan pertolongan, maksimal pencarian adalah tujuh hari pencarian, oleh karenanya operasi SAR ditutup mengingat pencarian sudah tidak efektif dan tanda tanda korban ditemukan belum juga ada hingga hari ketujuh pencarian serta kondisi tim juga harus diperhatikan,” kata Deden Ridwansah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Senin (10/02/2020).

Dua tim telah melakukan pencarian sesuai rencana operasi yang dibuat dan menyisir perkiraan lokasi korban akan ditemukan, namun pencarian masih nihil.

Keluarga korban menyatakan ikhlas apabila pencarian harus ditutup karena berbagai pertimbangan yang ada. Ditutupnya operasi SAR juga melibatkan diskusi bersama aparat setempat seperti danramil, camat Jatibarang serta muspika setempat.

Mewakili keluarga korban, ketua RW 12 Ds Jatibarang Kec jatibarang Kab Indramayu, Urip Sanusi menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar besarnya kepada seluruh tim dan aparat setempat.

“Saya mewakili keluarga korban mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh perangkat daerah juga  tim sar gabungan yang telah melakukan pencarian dengan maksimal. Semoga amal baik bapak dan ibu hadirin semua akan dibalas oleh Allah SWT,” ujar Urip Sanusi, Ketua RW Ds Jatibarang.

Beliau menyampaikan amanat Camat Jatibarang kepada seluruh masyarakat agar berhati hati menjaga anak anaknya.

“Menyampaikan arahan dari pak camat, tolong hati hati jangan sampai anak anak main ke pinggir sungai tanpa pengawasan orang tua agar tidak terjadi lagi kejadian seperti ini,” lanjut Urip Sanusi.

Koordinator Pos SAR Cirebon, Imam Rosyadi juga turut mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada seluruh tim yang sudah bertugas.

“Terimakasih Tim, walaupun korban tidak berhasil ditemukan tapi semangat dan kerja keras kalian luar biasa,” ucapnya.

Adapun unsur SAR yang berada di lapangan yaitu 5 Pers Pos SAR Cirebon, 7 Pers BPBD Indramayu Indramayu, 6 Pers Tagana Indramayu, 2 Pers Kec. Jatibarang. (Abas)

Advertisement

Categories: Regional