Si Jago Merah Hanguskan Pabrik PT. Wistex Rancaekek

KAB. BANDUNG, eljabar.com – Si Jago Merah menghanguskan pabrik PT Wistex/Bina Usaha Prima di Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, tepatnya di belakang SPBU Cikijing, pada Jumat 27 Maret 2020, sore. Diduga api berasal dari arus pendek listrik (korsleting).

Saksi mata, Nanang Suherman menyebutkan, asap tebal mulai terlihat sejak pukul 18.00 Wib dari arah gudang pabrik pemintalan benang tersebut.

“Pengendara motor dan mobil sempat berhenti. Lalu saya lihat api mulai membesar. Itu arahnya dari pabrik Wistex,” jelas Nanang yang juga warga Linggar.

Nanang yang biasa disapa Abas menuturkan, berdasarkan informasi yang ia peroleh, kejadian ini pertama kali diketahui salah seorang karyawan pabrik.

“Kata karyawan api begitu cepat menjalar. Akibatnya dia dan karyawan lain berhamburan menyelelamatkan diri. Sedangkan di luar pabrik, warga langsung berdatangan melihat dari jarak jauh,” ungkapnya.

Kejadian kebakaran murni kelalaian pemilik pabrik dengan mengabaikan kondisi kabel listrik yang sudah tua dan tidak bertahan dwngan tegangan tinggi sehingga kabel mudah terbakar.

Lokasi pabrik bergerak di bidang pemintalan sehingga barang yang berada di pabrik mudah terbakar.

“Api terlihat terus membesar, mungkin karena banyak benang yang terbakar. Pabrik ini kan memproduksi benang dari kapas. Kata salah satu karyawan, api akibat adanya konsleting listrik,” kata dia.

Pantauan eljabar.com, 20 unit mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Bandung dan Sumedang dikerahkan untuk memadamkan api, serta dibantu oleh personik dari, Koramil 2401/Rancaekek, Satgas Citarum Harum Sektor 21-Subswktor 01 Rancaekek, aparat Polsek Rancaekek dan Brimob Polda Jabar. Dan alhamdulillah sekitar pukul 20.40 Wib api dapat dipadamkan. *red

Advertisement

Categories: Regional