Tangani Banjir Rob Pekalongan, BBWS Pemali Juana Siapkan Tiga Paket Kegiatan – El Jabar

Tangani Banjir Rob Pekalongan, BBWS Pemali Juana Siapkan Tiga Paket Kegiatan

PEKALONGAN, eljabar.com – Sebagai tindak lanjut atas arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Penanganan Pengendalian Banjir Rob Pekalongan yang harus dilaksanakan secara menyeluruh dan tidak bersifat parsial, BBWS Pemali Juana melaksanakan Rapat Koordinasi Penanganan Banjir Rob Pekalongan pada Kamis 19 Agustus 2021, bertempat di Ruang Rapat Kedung Ombo BBWS Pemali Juana.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi, dan Kepala Dinas Pusdataru Provinsi Jateng Eko Yunianto.

Selain itu, rakor tersebut juga diikuti oleh Kabid PJSA Ferry Syahrizal, Kabid KPI Anggraeni Achmad, Kepala Satker PJSA Yulius, PPK Sungai Pantai II Dani Prasetyo, serta perwakilan dari Bappeda, Disperakim, dan Dinas PUPR Kota Pekalongan.

Penanganan untuk mengatasi genangan rob di Kecamatan Pekalongan Utara ini adalah dengan membuat sistem polder, dengan komponen meliputi tanggul laut, bendung gerak, peningkatan tanggul, serta pembuatan kolam retensi dan pompa.

Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi menjelaskan bahwa Pekerjaan Pengendalian Banjir Rob Pekalongan meliputi Paket 1, Paket 2, dan Paket 3 dan dilaksanakan pada tahun anggaran 2021 hingga 2023.

Untuk Paket 1 meliputi kolam retensi, pembangunan parapet, pekerjaan bendung gerak, dan pekerjaan regular gate. Paket 2 meliputi normalisasi Sungai Banger, pembangunan parapet, normalisasi Sungai Gabus, dan tanggul rob. Paket 3 meliputi pekerjaan pompa serta pekerjaan long storage.

“Pelaksanaan pekerjaan tersebut perlu selalu koordinasi dan sinergi Pemkot Pekalongan untuk mengatasi permasalahan sosial yang muncul ke depannya,” ujar Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi. Kamis (19/08/2021).

Selain itu, Kepala BBWS Pemali Juana menyampaikan agar permasalahan yang terjadi di lapangan diinventarisasi untuk dimasukkan dalam sistem penanganan. (bbws_pena)

Categories: Nasional