Terdampak Covid-19, 108 KPM Desa Cintamulya Terima BLT-DD - El Jabar

Terdampak Covid-19, 108 KPM Desa Cintamulya Terima BLT-DD

KAB. SUMEDANG, eljabar.com — Pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Desa Cintamulya Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, mulai disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya, Kamis (21/05/2020).

Pembagian bantuan yang dilaksanakan di GOR Desa Cintamulya, dengan tetap mematuhi aturan standar pencegahan covid-19, mematuhi himbauan pemerintah dan maklumat Kapolri, yaitu jaga jarak, dan memakai masker.

Sebanyak 108 warga Desa Cintamulya yang menerima BLT-DD, dimana masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Rp 600.000,- per bulan berupa uang tunai yang langsung diterima oleh KPM.

Kepala Desa Cintamulya H Awam Dawam menjelaskan, ”Pembagian BLT-DD ini sesuai dengan Permendes No. 6 tahun 2020, yang dimana setiap desa wajib menyisihkan anggaran untuk penanganan covid-19, salah satunya BLT,” jelas Kades Cintamulya.

“Harapan saya semuga Bantuan ini dapat bermanfaat ditengah pencegahan dan memutus mata rantai pandemi covid-19. Sedikitnya masyarakat yang terdampak bisa terbantu dan bisa membantu ekonominya. Apalagi sekarang ini banyak masyarakat yang diberhentikan kerja dan masyarakat yang tidak bisa lagi mengais rezeki, serta yang lebih utama adalah para jompo atau para lansia,” jelas H Awam Dawam.

Sementara itu, salah seorang KPM Anang Zaenudin mengungkapkan, sangat berterima kasih sekali atas bantuan ini, karena disaat gencar-gencarnya pencegahan dan masyarakat seperti harus dirumah tidak kemana-mana.

“Ya Alhamdulilah ada rezeki berupa BLT dari Desa. Terima kasih Pa Kades Awam, yang telah memberikan bantuan disaat kondisi seperti ini,” ungkap Anang.

“Pembagian BLT-DD saya utamakan kepada warga lansia dan warga yang diberhentikan kerjanya, tapi semua itu yang non PKH, non BPNT, tidak menerima bantuan sembako dari Gubernur serta tidak menerima bantuan sembako dari kabupaten. Untuk pendataan sesuai data dari tingkatan bawah yaitu mulai dari Rt dan Rw, jadi Alhamdulilah tidak akan ada yang tumpang tindih dalam menerima BLT -DD,” jelas H. Awam. (Arip-Abas)

Categories: Regional