Terdampak Covid-19, Jumlah Aduan ke BPSK Kota Sukabumi Menurun Drastis - El Jabar

Terdampak Covid-19, Jumlah Aduan ke BPSK Kota Sukabumi Menurun Drastis

SUKABUMI, eljabar.com — Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Sukabumi hanya menerima 12 aduan selama Januari hingga Mei 2020. Jumlah tersebut tentunya tergolong menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan periode yang sama.

Salah satu anggota BPSK Kota Sukabumi Oscar Lesnusa mengungkapkan, rendahnya aduan sengketa konsumen yang datang ke BPSK bisa saja dikarenakan dampak dari wabah covid-19. Pasalnya, disituasi virus tersebut masyarakat lebih banyak diam dirumah.

“Bisa saja menurunya angka pengaduan efek dari virus tersebut,” tutur Oscar saat dihubungi lewat telepon gengamnya, Senin (08/06/2020).

Oscar mengatakan dari 12 aduan tersebut, sebanyak delapan kasus sudah keluar hasil putusan sidang, satu lagi masih dalam proses. Sedangkan tiga kasus lainya tidak diproses, sebab kasusnya sama dan perusahaan yang di gugatnya juga sama.

Oscar menambahkan, pengaudan yang masuk masih seputar leasing, assuransi, property dan pegadaian. Hanya saja untuk aduan konsumen tentang leasing saat ini sangat menurun. Hal itu karena adanya peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang pembayaran kredit ditangguhkan.

“Biasnaya aduan tentang leasing itu banyak. Tapi, semenjak adanya covid-19 menurun,” tuturnya.

Disisi lain Oscar mengungkapkan, perlindungan terhadap konsumen tetap harus ditegakan walaupun dihadapkan dengan kondisi apapun. Untuk itu, Oscar juga berharap masyarakat bisa menjadi konsumen yang cerdas, sehingga jika ditemukan yang merugikan konsumen secepatnya laporkan saja.

“Misalkan ada produk yang sudah tidak layak dijual, ini masih di dagangkan, contoh tingkat kadaluarsa segera melapor ke BPSK,” pungkasnya. (Anne)

Categories: Pemerintahan