Terkendala Sapras dan Jaringan, Disdikbud Tanbu “Putar Otak” agar ANBK Bisa Berjalan Lancar – El Jabar

Terkendala Sapras dan Jaringan, Disdikbud Tanbu “Putar Otak” agar ANBK Bisa Berjalan Lancar

TANAH BUMBU, eljabar.com — Tidak lama lagi anak-anak sekolah akan melaksanakan program Asismen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Bagi siswa siswi sekolah yang berada dipelosok atau pedalaman yang tidak ada jaringan internet juga terbatas sarananya, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Bumbu, mau tidak mau berputar otak agar ANBK tetap bisa dilaksanakan, berjalan lancar.

Kasi Kurikulum Disdikbud Tanbu, Salman.

Menanggapi hal diatas, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tanah Bumbu (Disdikbud Tanbu), Eka Saprudin melalui Kasi Kurikulum, Salman, mengatakan, sesuai jadwal dari pusat pelaksanakan ANBK, akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Nopember 2021.

“Karena dengan adanya sekolah yang masih minim sarana dan prasarana (sapras), juga sekolah yang  di pelosok tidak ada jaringan internet, terpaksa  harus bergabung dengan sekolah lain yang terdekat, yang ada sapras dan jaringan internetnya lancar,” kata Salman kepada awak media di Kantor Disdikbud Tanbu, Kamis (11/11/2021).

Selanjutnya, lanjutnya, pelaksanakan ANBK akan dilaksanakan empat gelombang, yaitu gelombang pertama akan dilaksanakan 15 s/d 16 Nopember 2021, kedua 17/s/d 18, ketiga 22/23, dan keempat 24 s/d 25 November 2021.

Kedepan melalui APBN 2021 ada 12 SD yang terbagi di 10 Kecamatan, akan mendapatkan bantuan Komputer.

“Selain itu  Disdik Kab Tanah Bumbu melalui bidang Sapras, di Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik juga menganggarkan pengadaan komputer melalui dana APBD di 2022, rencana akan dibagikan 14 SD, agar di pelaksanaan ANBK yang akan datang bisa maksimal,” tandasnya. (DN)

Categories: Pendidikan