Truk Sarat Muatan Terperosok di Jembatan Kedung Larangan - El Jabar

Truk Sarat Muatan Terperosok di Jembatan Kedung Larangan

Pasuruan, eljabar.com – Sebuah truk penuh muatan terperosok di sisi barat jembatan Kedung Larangan yang berada di ibukota Kabupaten Pasuruan, Bangil. Peristiwa amblesnya truk itu, menurut sejumlah warga, terjadi pada Rabu (24/02/2021) tengah malam.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Pasuruan, Ipda M. Yusuf mengatakan, truk tersebut telah dievakuasi keesokan harinya.

Menurut Yusuf, lapisan perkerasan di jembatan kerangka baja yang terletak di bagian selatan itu kerap mengalami kerusakan. Sebelumnya kerusakan terjadi di sisi timur. Untuk mengantisipasi tingkat kerusakan yang lebih parah, pihaknya telah mengalihkan kendaraan bermuatan berat dan bus dari arah timur melalui Jalan Tol Rembang.

Sementara, PPK 3.5 ruas Gempol-Bangil-Pasuruan-Probolinggo, Ida Bagus Putu Jeladi menjelaskan, penyebab amblesnya jembatan tersebut karena pelat bondek pada bagian lantai jembatan rangka baja yang berada di Km 46 itu sudah berkarat.

“Pelat bondeknya sudah berkarat dan ketika dilalui truk bermuatan berat sehingga ambles,” ungkap Jeladi, Rabu (24/02/2021), melalui pesan singkat.

Jeladi mengaku, pihaknya segera menangani amblesnya lapisan aspal di permukaan jembatan selebar 1 meter tersebut. Untuk itu pihaknya akan membongkar lapisan yang ambles agar diketahui masalah utamanyan sehingga bisa ditangani dengan tepat.

Sebelumnya, kondisi jembatan Kedung Larangan sempat disurvey langsung oleh BBPJN Jatim-Bali bersama Satlantas Polres Pasuruan awal tahun 2020 lalu. Survey bersama itu menemukan sejumlah penyangga pada bagian bawah jembatan yang telah patah. (*wn)

 

 

 

Categories: Nasional