Turut Berduka, PHRI Salurkan Donasi Bagi Korban Bencana Longsor Cimanggung - El Jabar

Turut Berduka, PHRI Salurkan Donasi Bagi Korban Bencana Longsor Cimanggung

SUMEDANG, eljabar.com — Badan Pengurus Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat dan BPC PHRI Sumedang menyerahkan donasi bagi korban bencana longsor di Dusun Bojongkondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Selasa (19/01/2021).

Ketua BPC PHRI Sumedang, H Nana Mulyana mengatakan, sumbangan ini merupakan partisipasi dari teman-teman pengusaha hotel dan restoran yang ada di Sumedang dan di Jawa Barat. Setelah terkumpul dana disalurkan ke panitia penanganan bencana di Posgab SMAN Cimanggung.

“Kami dari BPC PHRI Sumedang dan PHRI Jabat ikut berduka cita dan berbelasungkawa, semoga keluarga yang ditinggalkan ini diberikan kekuatan dan ketabahan. Kemudian bagi korban yang meninggal dunia semoga Khusnul khotimah dan mendapatkan Maghfiroh Allah SWT,” kata Nana ketika dikonfirmasi wartawan, usai memberikan Donasi yang secara Simbolis diterima oleh Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan didampingi Sekretaris Daerah Herman Suryatman.

Adapun bencana longsor ini, sambung Nana, kedepan para developer tentuy harus memperhatikan aspek keselamatan dan perumahan harus lebih ramah lingkungan. Kemudian, para korban bencana harus mendapatkan hak halnya selama di tempat pengungsian.

“Mudah-mudahan bencana ini yang terakhir buat Cimanggung Kabupaten Sumedang ini, karena sudah cukup banyak korban rumah penduduk juga banyak yang rusak,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Ketua BPD PHRI Jawa Barat Yunizar mengatakan, walaupun situasi pandemi Covid-19 ini, dimana dari sisi pariwisata itu sangat terpuruk sekali. Tetapi kami dari Insan pariwisata baik di Jawa Barat maupun di kabupaten Sumedang bahu-membahu untuk mengumpulkan dana yang kemudian sumbangan bagi keluarga kita saudara kita yang terkena musibah.

“Hari ini, kami dari PHRI Jabar dan BPC PHRI Sumedang menyalurkan bantuan uang senilai Rp 35 Juta yang diberikan langsung ke Posko Utama Tanggap Darurat Bencana. Mudah-mudahan dana yang tidak seberapa ini, dapat bermanfaat bagi saudara kami yang terkena musibah,” tandasnya.

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan menyambut baik adanya bantuan dari PHRI Jabar dan BPC PHRI Sumedang tersebut dan menyampaikan terima kasihnya.

“Atas nama pemerintah, pihaknya sangat berterimakasih PHRI, baik dari Jawa Barat dan Sumedang atas perhatiannya pada lingkungan Pemerintah Daerah Sumedang. Karena walaupun saat ini sektor pariwisata sedang terpuruk akibat pandemi Covid-19, tetapi para insan pariwisata masih sangat peduli untuk meringankan beban para korban bencana. Mudah-mudahan pandemi segera berlalu dan para insan pariwisata dapat kembali bangkit,” kata Erwan.

Erwan menambahkan, bantuan tunai ini dapat digunakan untuk rehabilitasi fasilitas umum di lingkungan bencana.

“Semoga hal ini membuat kita semakin bersatu tidak hanya pada saat bencana seperti ini tetapi juga pada kesempatan lainnya,” tandasnya. (Abas)

Categories: Regional