Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-92 di Kecamatan Situraja Dilaksanakan Secara Unik - El Jabar

Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-92 di Kecamatan Situraja Dilaksanakan Secara Unik

SUMEDANG, eljabar.com — Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tingkat Kecamatan Situraja dilaksanakan secara unik di tengah Pandemi Covid-19, pasalnya tidak bertempat di Alun-alun melainkan di lokasi wisata Dewi Lipa yang berada di Desa Cijeler Kecamatan Situraja, Rabu (28/10/2020).

Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan yang bertindak selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya mengatakan, para pemuda harus mendapat perhatian khusus karena menurutnya merekalah yang akan menjadi pengganti kelangsungan pembangunan desa.

“Mereka harus memiliki tingkat pendidikan yang cukup, keterampilan yang tinggi, kepedulian yang baik terhadap lingkungan, serta yang tak kalah penting, semangat juang yang besar untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa,” ucapnya.

Dikatakan Wabup, berbagai sektor dapat dibidik untuk menjadi sarana pembangunan dan pemberdayaan para pemuda. Salah satu sektor yang cukup menjanjikan saat ini adalah sektor pariwisata.

“Pembangunan destinasi-destinasi wisata di desa, khususnya di Tahun 2021 harus menjadi prioritas,” katanya.

Namun demikian, Wabup berpesan agar masyarakat sekitar lokasi wisata harus tetap bisa menjaga alam dan lingkungannya.

“Betul bahwa sektor pariwisata bisa meningkatkan perekonomian, namun kita tetap harus melestarikan alam. Salah satu caranya jangan menebang pohon-pohon yang sudah ada sehingga menghilangkan keindahan alam tersebut,” paparnya.

Menurut Wabup, keberadaan objek wisata sangat berpotensi untuk menambah penghasilan, baik sebagai pendapatan asli daerah, maupun sumber penghasilan warga setempat dan sebagai sarana pengembangan prestasi serta potensi para pemuda.

“Destinasi wisata harus dikembangkan di desa-desa yang memiliki potensi wisata seperti Desa Cijeler ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, dengan ikut berpartisipasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di desa, para pemuda diharapkan memiliki sarana untuk mewujudkan ide dan gagasan kreativitasnya sekaligus melatih kemampuan kewirausahaan.

“Oleh karena itu, sebagai pemuda harapan bangsa yang mewarisi darah Sumpah Pemuda, jagalah semangat persatuan. Tetap semangat menghadapi berbagai tantangan karena di pundak pemudalah kami semua menggantungkan harapan di masa depan,” tukasnya.

Terakhir Wabup menyikapi berbagai isu di wilayah Kecamatan Situraja, termasuk berbagai permasalahan sosial, serta menurunnya semangat gotong royong.

“Menyikapi hal tersebut, saya harap ada upaya-upaya sistematis, terarah, terpadu dan berkesinambungan dari berbagai sektor. Mulai dari tingkat RW dan RT sebagai lembaga kemasyarakatan desa yang berfungsi meningkatkan kegotongroyongan masyatakat khususnya para pemuda,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Wabup meninjau stand berbagai produk makanan olahan khas Desa Cijeler dan menyaksikan berbagai atraksi seni. (Abas)

Categories: Kronik