UPT Dinas Kesehatan Sukasari Per Hari Ini Catat Pasien Terpapar Covid-19 Sudah Mencapai 112 Orang – El Jabar

UPT Dinas Kesehatan Sukasari Per Hari Ini Catat Pasien Terpapar Covid-19 Sudah Mencapai 112 Orang

Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Sumedang yang terus meningkat secara drastis harus terus diwaspadai.

Sebagaimana dilaporkan salah satu UPT Dinas Kesehatan yakni  Sukasari per hari Rabu (7/7/2021) dimana pasien terpapar Covid-19 sudah mencapai 112 orang berdasarkan tes PCR (polymerase chain reaction).

“Dari 112 orang saat ini yang positif berdasarkan Tes PCR ada 8 orang dan 6 orang telah meninggal dunia. Sedangkan berdasarkan hasil Rapid Antigen ada 81 orang dan 9 orang meninggal dunia, 2 orang hari ini dan 7 orang bulan kemarin,” kata Kepala Puskesmas Sukasari drg. Nurlina Yusiana, M.H.Kes.

Kepala Puskesmas Sukasari mengatakan,
apabila ada laporan kasus Covid-19 yang terjadi di masyarakat, pihaknya langsung melakukan tracing.

“Sesuai arahan pimpinan, kita lakukan 3 T yakni Testing, Tracing dan Treatmen. Kita lacak yang kontak erat dengan pasien,” ujarnya.

Sedangkan bagi yang terpapar, lanjutnya, dilakukan Isoman dan diberi obat-obatan serta vitamin.

“Kami melakukan home visit kepada pasien yang bergejala dan melakukan rujukan pasien ke Rumah Sakit bila tidak bisa tertangani oleh Puskesmas,” ucapnya

Sebagai bentuk antisipasi terpaparnya pasien non Covid yang datang ke Puskesmas, pihaknya telah melakukan pemisahan pasien antara yang bergejala  infeksius dan yang tidak.

“Prosedurnya ada triase atau proses identifikasi pasien yang berisiko dengan cara memisahkan pasien infeksius seperti batuk, pilek dan demam dengan pasien non infeksius,” ujarnya.

Ia juga mengaku selalu berkoordinasi dengan lintas sektor apabila ada masyarakat yang sedang melaksanakan isolasi mandiri.

“Sebagai petugas Nakes Puskesmas Sukasari saya berharap agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dan meningkatkan imunitas dengan berpola hidup sehat,” harapnya.(abas)

Categories: Regional