SSQR Kembali Piket di Posko Satgas Covid-19 – El Jabar

SSQR Kembali Piket di Posko Satgas Covid-19

Sumedang, eljabar. Com — Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kabupaten Sumedang, Tim Sumedang Simpati Quick Response (SSQR) kembali menyediakan akses bagi masyarakat untuk menyampaikan laporan ataupun aduan terkait kondisi masyarakat di lapangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Humas dan Protokol Setda Asep Taufiq selaku Ketua Pelaksana Harian SSQR di ruang kerjanya, Rabu (7/7/2021).

“Seperti tahun lalu, pada pemberlakuan PPKM Darurat kali ini petugas dari SSQR bergabung bersama Satgas Covid-19 untuk melaksanakan piket harian di Posko Kabupaten yang bertempat di Pendopo Setda. Tujuannya adalah untuk memudahkan koordinasi,” ujarnya.

Dikatakan, Tim SSQR yang jumlahnya saat ini delapan orang secara bergiliran ‘standby’ setiap harinya untuk menerima laporan dan aduan bersifat kedaruratan, khususnya terkait Covid-19 dari masyarakat, baik secara langsung maupun ‘on call’.

“Sesuai dengan tugasnya, SSQR memfasilitasi penanganan masalah kemanusiaan dan sosial meliputi kerawanan pangan, kedaruratan, kesehatan dan kebencanaan. Termasuk sekarang dalam penanganan Covid-19,” katanya.

Asep menambahkan, untuk saat ini laporan warga terkait Covid-19 mendominasi jenis aduan yang masuk melalui hotline SSQR.

“Dibanding jenis aduan lain seperti kebencanaan atau kerawanan pangan, pengaduan kesehatan mengenai Covid-19 mendominasi sampai 60 persen lebih dan semuanya sudah tuntas ditindaklanjuti,” katanya.

Menurut salah seorang petugas SSQR Aris Gundhara (47), sampai saat ini belasan laporan dari warga telah diterima tim SSQR sejak pemberlakuan PPKM Darurat, baik mengenai penanganan warga terpapar Covid-19, pelanggaran PPKM, maupun bantuan Sembako bagi warga masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Hampir setiap hari ada laporan dari warga yang masuk. Baik yang melaporkan lingkungan, keluarga, tetangga maupun dirinya sendiri mengalami gejala Covid atau sudah Positif Covid. Termasuk yang mencari informasi tentang Covid,” ujarnya.

Laporan yang diterima tim SSQR, lanjut Aris, kemudian ditindaklanjuti dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan PSC 119 Sumedang Simpatik, Satpol PP, hingga RT/RW setempat.

“Apabila laporan yang diterima memerlukan verifikasi ke lapangan, maka Tim SSQR akan turun langsung bersama aparat pemerintah setempat. Hasilnya disampaikan kepada perangkat daerah terkait untuk ditindaklanjuti,” ucapnya.

Ia pun menyampaikan, bagi masyarakat yang ingin menyampaikan laporan atau aduan terkait masalah kesehatan, kebencanaan, kegawatdaruratan hingga kerawanan pangan, bisa menghubungi SSQR melalui call center 0811200133.(abas)

Categories: Regional