Usai Sholat Jumat, Kapolres Sumedang “Hadang” Jemaah yang Keluar Masjid - El Jabar

Usai Sholat Jumat, Kapolres Sumedang “Hadang” Jemaah yang Keluar Masjid

SUMEDANG, eljabar.com – Sejumlah kaum adam serempak keluar dari masjid Al Hidayah Polres Sumedang, Jumat (25/09/2020). Di antara mereka, masih melekat peci di kepala serta sejadah yang tergantung di pundak.

Satu persatu jemaah Sholat Jumat tersebut lantas diarahkan sesosok pria dengan kemeja putih dan peci hitam ke arah meja yang telah disediakan, tak jauh dari pintu masjid.

Di meja ini juga telah berdiri polisi wanita lengkap dengan seragam. Nampak di tangannya memegang sebuah kotak berwarna putih yang siap untuk dibagikan.

Sementara sosok pria berpeci hitam, terlihat masih saja sibuk mengajak jemaah untuk mengambil kotak putih penuh berkah, yakni nasi box yang memang sudah disediakan Polres Sumedang.

Diketahui juga, sosok pria yang telah bercucuran keringat di wajah itu ialah Kapolres Sumedang  AKBP Eko Prasetyo Robbyanto. Maklum saja, cuaca saat itu begitu panas. Namun demikian, semangat Eko Prasetyo tak luntur untuk mengajak jemaah menyantap nasi box.

Sesekali Eko terlihat menjemput jemaah yang nampak sudah tua renta. Ia dituntunnya dan diambilkan satu kotak nasi. Jemaah tua tersenyum seraya terlihat memegang erat tangan Kapolres Sumedang yang sedari tadi menjaganya. Terdengar, pak tua itu membisikan kata: “Jumat yang berkah, terima kasih pak.”

Saat matahari masih saja menyinari Eko Prasetyo, jumlah jemaah pun mulai berkurang. Eko pun terlihat sudah bisa bersantai. Ia kemudian menyeka keringat di sekitar wajahnya dengan sebuah sapu tangan. Sementara baju putihnya sudah terlihat lusuh akibat menyerap keringat, terutama di bagian punggung.

Saat didekati, ternyata Eko Prasetyo masih saja merespon dengan cepat. “Silahkan diambil satu,” katanya kepada wartawan. Kemudian dijelaskan bahwa wartawan hanya ingin mewawancarainya ihwal pembagian nasi box ini.

“Ini merupakan program rutin Polres Sumedang. Pembagian nasi box ini diberikan kepada  masyarakat yang melaksanakan solat jumat di mesjid Al Hidayah, Polres Sumedang,” jelas Eko seraya terus tersenyum ramah ketika diwawancari.

Eko berharap, kegiatan jumat berkah ini bermanfaat bagi masyarakat yang telah melaksanakan ibadah shalat jumat, sekaligus membawa bekal ke rumah.

“Tadi ada beberapa bapak-bapak yang makan di sini, ada juga yang dibawa pulang. Insha Allah jumat depan kita bagikan lagi. Tidak hanya bapak-bapak, anak-anak pun dapat. Kita sediakan nasi box hingga jumlahnya ratusan,” pungkas Eko Prasetyo yang kemudian berpamitan untuk melanjutkan tugasnya. (abas)

Categories: TNI / POLRI