Wabup Sumedang Ingatkan SKPD Jaga 4 Aspek Keamanan dalam Menjalankan Tugas - El Jabar

Wabup Sumedang Ingatkan SKPD Jaga 4 Aspek Keamanan dalam Menjalankan Tugas

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan mengingatkan kepada setiap SKPD yang ada di Kabupaten Sumedang agar menjaga empat aspek keamanan dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

Hal tersebut dikatakan Wabup pada saat memberikan pembinaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dalam rangka akselerasi peningkatan kinerja perangkat daerah pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DKPP) dan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Selasa (24/11/2020).

“Keempat aspek tersebut adalah aman dalam perencanaan, aman dalam penganggaran, aman dalam pelaksanaan, dan aman dalam pelaporan atau pertanggung jawaban,” ujarnya di hadapan peserta pembinaan.

Ia pun meminta agar semua fokus dalam perencanaan terlebih dahulu karena menurutnya segala sesuatu berangkat dari perencanaan.

“Selain itu, setiap SKPD agar mengevaluasi secara berkala perbulan, triwulan, semester dan pertahun,” ujarnya.

Untuk meningkatkan nilai SAKIP dan menjalankan Reformasi Birokrasi pada tiap SKPD, lanjut Wabup, harus ada perbaikan di delapan area perubahan.

“Harus dilakukan perubahan pada tiap SKPD agar nilai SAKIP kita meningkat dari tahun sebelumnya. Kedelapan area perubahan tersebut adalah pelayanan publik, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tata laksana, SDM ASN, peraturan, dan manajemen perubahan,” paparnya.

Masih menurut Wabup, komponen penilaian SAKIP ada pada perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal, dan capaian kinerja.

“Maka dari itu, nilai hasil evaluasi SAKIP mencerminkan tingkat akuntabilitas intansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan hasil atau manfaat dari seluruh penggunaan anggaran negara atau daerah secara efektif, efisien, dan ekonomis,” tukasnya.

Terakhir Wabup mengingatkan, salah satu upaya untuk meningkatkan implementasi SAKIP adalah memastikan seluruh pegawai memahami indikator kinerja individunya yang akan mendorong pencapaian kinerja organisasi.

“Selain itu, sempurnakan perumusan outcome seluruh program kegiatan serta sempurnakan pengintegrasian aplikasi perencanaan, pengangaran, dan manajemen kinerja,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan