Wabup Sumedang Menjadi Keynote Speaker Dalam Webinar “Tips dan Trik Atur Keuangan Pribadi – El Jabar

Wabup Sumedang Menjadi Keynote Speaker Dalam Webinar “Tips dan Trik Atur Keuangan Pribadi

Sumedang,eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan menjadi Keynote Speaker dalam Webinar bertemakan “Tips dan Trik Atur Keuangan Pribadi untuk Keamanan Keuangan Saat Pandemi”, Rabu (25/8).

Acara yang diinisiasi oleh Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Sumedang dan perusahaan perencana keuangan Finansialku tersebut diikuti lebih dari 50 orang peserta melalui aplikasi Zoom.

Hadir sebagai narasumber webinar Head of Advisor Finansialku Robby Christy dan Mojang Kabupaten Sumedang Melly Mellyna.

Wabup dalam paparannya mengatakan, Pademi Covid-19 mengakibatkan perekonomian masyarakat terombang-ambing karena berbagai kesulitan yang ditimbulkannya. Bahkan, World Health Oraganization (WHO) belum mengetahui kapan pandemi akan berakhir.

“Kita dituntut untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan di tengah-tengah ketidakpastian ekonomi dalam negeri. Khususnya di Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Dikatakan Wabup, dengan adanya wabah Covid-19, pendapatan dari berbagai sektor pekerjaan dapat dipastikan akan menurun.

“Sedikit atau banyaknya jumlah pendapatan harus tetap dikelola agar kehidupan bisa menjadi lebih baik,” ujarnya.

Wabup menerangkan, Covid 19 terhadap perekonomian dan keuangan, khususnya rumah tangga, membuat perilaku pengeluaran uang berubah.

“Pengeluaran bertambah untuk membeli kebutuhan kesehatan seperti vitamin, masker, dan sabun. Serta biaya data telekomunikasi untuk menunjang Work From Home,” katanya.

Dikatakan, sangatlah penting mengelola keuangan dengan baik agar keuangan tidak berantakan.

“Mulailah dari hal kecil seperti mencatat pendapatan dan pemasukan yang diperoleh agar dapat diketahui secara tepat berapa besaran penghasilan yang diterima setiap bulan,” ungkapnya

Wabup menambahkan, dengan catatan yang rapi dan teratur akan mengatahui pengeluaran kita sudah sesuai.

“Namun jika pengeluaran sudah berlebihan, potonglah pengeluaran pos-pos keuangan yang tidak terlalu penting. Kita harus lebih banyak menghemat pengeluaran uang dengan membeli hal-hal yang kita butuhkan saja,” jelasnya

Wabup berpesan, di masa pandemi seperti ini ialah menjaga kesetabilan cash flow.

“Jangan boros dan jangan membeli hal-hal yang tidak penting. Sebaiknya dana lebih kita simpan sebagai dana darurat atau bisa diinvestasikan menjadi suatu yang menguntungkan,” katanya.

Wabup berharap seluruh peserta webinar bisa mendapatkan ilmu serta manfaat yang banyak dari para narasumber webinar.

“Dengan pengelolaan keuangan yang baik tentunya diharapkan akan membantu kita melewati pandemi ini dengan mudah,” pungkasnya.(abas)

Categories: Regional