Wabup Sumedang Pimpin Rapat Online Penyelenggaraan Kewaspadaan Dini Daerah Tahun 2021 - El Jabar

Wabup Sumedang Pimpin Rapat Online Penyelenggaraan Kewaspadaan Dini Daerah Tahun 2021

SUMEDANG, eljabar. Com — Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan didampingi Sekretaris Daerah Herman Suryatman memimpin Rapat Online Penyelenggaraan Kewaspadaan Dini Daerah Tahun 2021, Rabu (28/4).

Kegiatan virtual yang diinisiasi oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik tersebut diikuti oleh seluruh Camat di Kabupaten Sumedang dan Perangkat Daerah terkait.

Wakil Bupati Erwan Setiawan mengatakan, berdasarkan Permendagri No. 46 Tahun 2019 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah, maka dalam upaya menjaga persatuan, kesatuan, kerukunan nasional serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mewujudkan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat, perlu dilakukan upaya-upaya kewaspadaan dini masyarakat, kondisi kepekaan, kesiagaan, dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi bencana.

“Ditambah dengan adanya Pandemi Covid-19 yang tingkat penularannya semakin tinggi dari waktu ke waktu, tentu perlu dilakukan upaya-upaya dalam rangka kewaspadaan dini masyarakat,” ucapnya.

Dikatakan Wabup, sebagaimana tradisi menyongsong Idul Fitri tentunya masyarakat ingin melakukan mudik yang sudah dua tahun tertahan, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi.

“Pemerintah Daerah melakukan upaya untuk menyelamatkan jiwa masyarakat yakni memutuskan kebijakan tentang mudik karena bagaimana pun keselamatan jiwa manusia menjadi prioritas utama,” ungkap Wabup.

Wabup juga mengimbau kepada seluruh jajaran Camat dan Sekertaris Dinas/Badan untuk bersama-sama melaksanakan ketentuan yang telah digariskan pemerintah yaitu larangan mudik untuk memutus mata rantai Covid 19.

“Terdapat sebelas titik pos penyekatan arus mudik di wilayah Sumedang, yakni Pos Cibeusi dan Jalan Sayang Kecamatan Jatinangor, Parakan Muncang Kecamatan Cimanggung, Pos Binokasih Kecamatan Sumedang Selatan, Buana Mekar Kecamatan Cibugeul, Pasir Kirisik Kecamatan Jatinunggal, Cilengkrang Kecamatan Wado, Tolengas Kecamatan Tomo, Gordah Kecamatan Ujungjaya, Tanjung Kecamatan Surian, Cikaramas Kecamatan Tanjungmedar, ” katanya.

Sementara itu, Sekda Herman Suryatman memaparkan upaya untuk stabilisasi harga dan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok menjelang puasa dan lebaran 2021 diantaranya memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok, menyelenggarakan pasar murah, dan melakukan komunikasi yang baik dengan media terkait stabilisasi harga dan kecukupan stok barang pokok.

Categories: Regional