Waduh, ANBK yang Digulirkan Mendikbudrister Jadi Lahan Proyek Kepsek? – El Jabar

Waduh, ANBK yang Digulirkan Mendikbudrister Jadi Lahan Proyek Kepsek?

KAB. BANDUNG, eljabar.com — Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Bandung sedang mengikuti Asesmen Nasiolan Berbasis Komputer (ANBK) di beberapa SMP yang ditunjuk Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung.

Belakangan terkuak, diduga ANBK jadi lahan cari untung oknum kepala sekolah, yakni menyewakan komputer kepada SDN yang nilainya jutaan rupiah.

Sumber menjelaskan, di Gugus 6 Kabupaten Bandung, di salah satu SMPN sewa komputer dari mulai glali bersih hingga pelaksanaan ANBK senilai Rp1,5 juta yang dibayar melaui transper plus uang tunai seratus ribu rupiah.

“Sedangkan di SMP swasta masih di Gugus 6, sewa komputer untuk ANBK SDN hanya Rp1 juta, kenapa murah di SMP swasta daripada di SMP Negeri?,” tutur sumber penuh heran.

Salah seorang dewan penasehat PGRI cabang mengatakan, kalau dana Rp1 juta untuk sewa komputer jelas kurang, pasalnya SMP yang menyediakan komputer sewanya di atas 1 juta jelas memberatkan Kepala SDN. Sebab disitu ada uang untuk trasportasi siswa dan guru.

“Mestinya Sekertaris Dinas Pendidikan (Sekdis) bisa memfasilitasi kepada pemerintah guna meminta sumbsidi dana untuk ANBK siswa SDN, serta menindak oknum Kepala SMPN yang disinyalir menyewakan komputer mahal,” ucapnya kepada eljabar.comm Rabu (24/11/2021).

Sebelumnya seorang mantan pejabat disdik angkat bicara, “Kenapa ANBK tingkat SD harus bayar segala dan pula nanti siswa yang terdekat dengan SMPN yang bersangkutan jadi anak didiknya,” tandasnya. A56

Categories: Pendidikan