Waduh…! Di Era Teknologi Digital Ngurus SK Pensiun Janda 1 Tahun Lebih?

KAB. BANDUNG, ejabar.com – Kok bisa di era teknologi digital seperti sekarang ini mengurus SK (surat keterangan) pensiun janda/duda Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat hingga satu tahun lebih penantian yang panjang dan menyiksa diri. Tak pelak dikeluhkan banyak pihak.

Ris menjelaskan, “Mengurus berkas SK pensiun janda almarhum berinisial N yang meninggal satu tahun lalu (2018, red) hingga sekarang tahun 2019, SK belum juga turun entah apa kendalanya. Padahal saat proses mulai dari kecamatan, dinas pendidikan (disdik) dan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kab. Bandung berjalan lancar,” ujarnya.

“Rupanya proses panjang mengurus SK pensiun janda atau duda PNS diduga kendalanya di Badan Kepegawaian Negara (BKN) regional Jawa Barat,” paparnya.

“Ironisnya dari pihak BKN regional Jawa Barat tidak ada penjelasan, kenapa keluarnya SK pensiun janda harus 1 tahun lebih tanpa ada pemberitahuan jelas?” beber Ris, Rabu (27/11/2019).

Irm anak almarhum N pada eljabar.com menjelaskan, “Mengurus berkas SK janda ibu saya sudah 1 tahun lebih, SK belum keluar sekarang baru mendapatkan Pertek. Padahal ibu saya tiap haris belanja dan makan hanya mengandalkan uang pensiun almarhum suaminya yang hingga sekarang SK pensiun belum turun,” imbuh Irm dengan mata berkaca-kaca.

As berharap kepada birokrasi KBN regional Jawa Barat ada reformasi birokrasi guna memperlancar SK pensiun janda/duda, supaya kehidupan mereka yang ditinggal suami atau istri kehidupannya tetap berjalan lancar. *A56

Advertisement

Categories: Regional