Wakapolres Sumedang Pimpin Apel Kebencanaan Tingkat Kabupaten Sumedang – El Jabar

Wakapolres Sumedang Pimpin Apel Kebencanaan Tingkat Kabupaten Sumedang

Sumedang, eljabar. Com — Sebagai wujud komitmen dalam mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Sumedang, Pemerintah Daerah melalui BPBD dan Satpol PP (Damkar) Kabupaten Sumedang bersama unsur TNI, Polri, Basarnas dan relawan kebencanaan melaksanakan Apel Siaga Bencana di Wilayah Kabupaten Sumedang bertempat di Mako Polres Sumedang, Kamis (4/11).

Apel Siaga dipimpin langsung Wakapolres Sumedang Kompol Asep Agustoni dan dihadiri Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, Pasi Ops Kodim 0610 Kapten Arh Ateng Zaelani, perwakilan Kajari Sumedang, Kepala Kantor Kesbangpol H. Asep Tatang Sujana, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Budi Rahman dan Kasat Pol PP Bambang Rianto.

Dalam amanatnya Wakapolres Sumedang Kompol Asep Agustoni mengatakan, semakin meningkatnya intensitas bencana dan keragamannya, maka upaya penanggulangan bencana perlu ditangani secara komprehensif, multisektoral, terpadu dan terkoordinasi antara pemerintah dan stakeholder lainnya.

“Penyelenggaraan penanggulangan bencana menjadi bagian dari prioritas pembangunan nasional yaitu Prioritas Nomor 9 dengan substansi inti lingkungan hidup dan pengelolaan bencana,” katanya.

Khusus mengenai pengelolaan bencana, lanjutnya, lebih diarahkan pada peningkatan kemampuan penanggulangan bencana.

“Yang pertama ialah penguatan kapasitas aparatur pemerintah dan masyarakat dalam usaha mitigasi risiko serta penanganan bencana dan bahaya kebakaran hutan,” ujarnya

Upaya tersebut didukung dengan pembentukan Tim Gerak Cepat (unit khusus penanganan bencana), peralatan dan alat transportasi yang memadai di lokasi yang rawan bencana.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Kabupaten Sumedang memiliki kondisi sosio-geografis pegunungan sehingga memiliki potensi bencana alam yang sangat tinggi khususnya angin kencang, hujan deras, banjir, tanah longsor dan angin puting beliung,” ujarnya.

Oleh karena itu, perlu adanya langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan bencana yang bisa meminimalisasi jatuhnya korban jiwa maupun materi.

“Apel kesiapsiagaan  ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya sebagai bukti bahwa negara hadir dalam memfasilitasi penanggulangan bencana,” ucap Wakapolres.

Hal tersebut diiyakan oleh Wabup Erwan Setiawan yang mengatakan, apel Siaga Bencana adalah bentuk kesiapan semua leading sectors dalam mencegah dan meminimalisir  kemungkinan terjadi korban bencana di Kabupaten Sumedang.

“Saat ini curah hujan saat sedang memuncak. Dengan adanya antisipasi berupa personil dan sarana prasarana yang disiapkan, kita bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana di Kabupaten Sumedang, ” pungkasnya.

Selesai Apel Siaga, Wakil Bupati Sumedang bersama Wakapolres melaunching Mobil Siaga Bencana Polres Sumedang dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan operasional lainnya.(abas)

Categories: Regional