Wakil Bupati Sumedang Laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ekowisata Cileuksa - El Jabar

Wakil Bupati Sumedang Laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ekowisata Cileuksa

SUMEDANG, eljabar.com — Pembangunan Ekowisata Cileuksa diharapkan mampu menjadi role model dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumedang melalui pengembangan wisata yang ramah lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan saat meletakan batu pertama Pembangunan Ekowisata Cileuksa di Blok Pangangonan Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh, Rabu (11/11/2020).

“Saya harap dengan adanya pembangunan Ekowisata Cileuksa di wilayah di Kabupaten Sumedang dapat dijadikan role model yang memberikan manfaat bagi Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Wabup mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah memberikan perhatian terhadap pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Sumedang.

Ditambahkan Wabup, kepariwisataan di Kabupaten Sumedang saat ini tengah berkembang, selain pengembangan objek wisata yang telah ada, juga diarahkan pada pengembangan wisata baru.

“Dengan adanya pengembangan ekowisata ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumedang sehingga dapat memberikan kontribusi ekonomi terhadap masyarakat,” ujarnya.

Masih disampaikan Wabup, ekowisata sendiri meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan pariwisata oleh pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam rangka pengusahaan objek wisata namun berwawasan lingkungan.

“Berkenaan dengan hal tersebut, saya menyambut baik usaha pembangunan ekowisata Cileuksa ini. Mudah-mudahan dapat menghasilkan output dan kontribusi positif terhadap keberhasilan bidang kepariwisataan di Kabupaten Sumedang,” imbuhnya.

Wabup optimistis bahwa dukungan dari berbagai komponen masyarakat akan mampu mengakselerasi terwujudnya Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata.

Direktur Bumdes Sumber Makmur Jajang Parman mengatakan, di atas lahan seluas 16.2 hektar akan dibangun kawasan ekowisata yang dikelola oleh Bumdes dan warga masyarakat.

“Saya harapkan ini menjadi kawasan strategis yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah berkontribusi dan memberikan peluang dalam pembangunan ekowisata ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur PT. TPK Bilqis Taufiq Gunawansyah mengatakan, pembangunan Ekowisata ini merupakan inisiatif pemerintah dan masyarakat desa serta Bumdes  untuk mereklamasi lahan bekas Galian C menjadi pengembangan ekowisata.

“Semoga pembangunan ekowisata ini bisa menjadi role model yang dikemas dalam konteks wisata ditunjang fasilitas wisata atau new city berbasis ekowisata,” pungkasnya.

Tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra, jajaran PT TPK Bilqis, Kepala Satpol PP Bambang Rianto, Sekretaris Disparbudpora Asep Rahmat, Kasatpol PP, Camat Kecamatan Paseh Benny Satriaji dan unsur Forkopimcam, jajaran Pemerintah Desa Legok Kaler dan Bumdes Sumber Makmur.

Selain oleh Wakil Bupati Sumedang, pletakan batu pertama pembangunan Ekowisata Cileuksa dilakukan pula oleh  Direktur PT. TPK Bilqis Taufiq Gunawansyah dan Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra. (Abas)

Categories: Regional