Yana : Hilang Secara Misterius di Cadas Pangeran Sumedang, Akhirnya Terkuak Ini Ceritanya – El Jabar

Yana : Hilang Secara Misterius di Cadas Pangeran Sumedang, Akhirnya Terkuak Ini Ceritanya

SUMEDANG,eljabar.com  – Cerita Yana Supriyatna (40) asal Dusun Babakan Regol Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan yang sempat menggegerkan warga karena hilang secara misterius di Cadas Pangeran Sumedang, akhirnya terkuak sudah.

Yana ditemukan oleh Jajaran Polres Sumedang ketika sedang berjalan kaki ke arah Cirebon dari sebuah Masjid di wilayah Dawuan Kabupaten Majalengka pada Kamis 18 November 2021.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago didampingi Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, Tim Kepolisian Polres Sumedang yang yang dipimpin Kasat reskrim Polres Sumedang AKP Mochammad Ade Rizki Fitriawan sempat menunggu Handphone milik Yana aktif.

Penantian ini dilakukan, karena pada Hari Kamis 18 November sekitar pukul 08.00 WIB, handphone milik Yana aktif dan setelah dilakukan pelacakan dengan IT Polri, handphone tersebut berada di daerah Desa Dawuan Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon.

Kemudian untuk memastikan keberadaan Yana, Polres Sumedang mengirimkan Tim yang dipimpin Kasat reskrim Polres Sumedang menuju lokasi tersebut.

“Setelah Tim dari Polres Sumedang tiba di Lokasi, handphone saudara Yana kembali mati. Sehingga posisi persis saudara Yana saat itu belum dapat dipastikan,” ujar Erdi.

Lebih lanjut Erdi menuturkan, Tim kemudian menunggu di wilayah tersebut untuk menunggu jika HP tersebut Kembali aktif.

“Benar saja, sekitar pukul 20.00 WIB HP Kembali aktif dan tanpa menyianyiakan kesempatan tersebut Tim langsung menuju ke lokasi persis saudara Yana yakni di salah satu Masjid di Desa Dawuan Kecamatan Tengah Tani Cirebon. Dan berhasil menemukan keberadaan Saudara Yana dalam kondisi sehat dan tidak kurang suatu apapun. Yana kemudian langsung diamankan oleh tim kemudian dibawa ke Polres Sumedang untuk klarifikasi,” kata Erdi.

Selanjutnya, penyidik Satreskrim Polres Sumedang melakukan permintaan keterangan, baik kepada pihak keluarga maupun tempat Yana bekerja.

“Kami mengamankan barang bukti dan meminta pendapat dari Ahli, pada hari Jumat, 19 November 2021. Kemudian dilanjutkan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Negeri Sumedang. Selain itu dilakukan Test Psikologi dan Test Urine terhadap saudara Yana,” ungkap Erdi.

Erdi menambahkan, berdasarkan hasil Gelar Perkara pada hari Sabtu, 20 November 2021 dari keterangan para saksi, adanya petunjuk barang bukti dan keterangan dari tersangka. Didapatkan hasil bahwa saudara Yana Supriatna dapat ditetapkan sebagai Tersangka dalam diduga Tindak Pidana Barangsiapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menerbitkan keonaran dikalangan rakyat.

Ia juga patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya 3 (tiga) tahun, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (2) UU RI No. 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

“Tersangka tidak dilakukan Penahanan mengingat ancaman hukuman yang dikenakan kurang dari 5 tahun dan bukan merupakan Pasal pengecualian,” tegas Erdi.

Categories: TNI / POLRI