Yusuf Solihin"Uyut Kerap Membantu Masyarakat Yang Membutuhkan | El Jabar

Yusuf Solihin”Uyut Kerap Membantu Masyarakat Yang Membutuhkan

Sumedang, eljabar. Com — Wilayah Cibugel merupakan daerah terpencil di Kabupaten Sumedang. Kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Garut ini memang menyimpan banyak cerita mistik. Salah satunya dunia ghaib. Seperti kisah Yusuf Solihin atau yang akrab disapa Uyut asal Dusun Cidomas Jalan Gada RT 04 RW 02 Desa Cibugel Kecamatan Cibugel.

Selain memiliki kisah mistik, Uyut pun mengoleksi berbagai jenis benda pusaka. Seperti dari Kerajaan Sumedang Larang sampai beberapa kerajaan buhun di Tatar Sunda. Sebagai seorang tokoh masyarakat, Uyut pun kerap membantu masyarakat yang membutuhkan salah satunya bidang pengobatan.

Pria kelahiran Sumedang, 10 Mei 1955 itu memang dikenal sebagai pawang penyakit. Mulai Amandel, Kangker, Diabet, kesemutan, rabun, stroke, kesurupan, hingga pengasihan. Tak pelak Uyut dikenal tidak hanya di kecamatan Cibugel melainkan dari berbagai daerah di Jabar. Tak hanya sekedar bertamu, juga untuk sekedar silaturahmi.

“Banyak yang kesini. Selain berobat, juga sekedar silaturahmi dan makan. Seperti contoh Forkopimcam, staf desa dan pejabat pejabat pemerintah di Kabupaten Sumedang. Ya mereka silaturahmi sekedar niis dan ngaliwet,” ujarnya.

Uyut mengaku, kepiawaian dalam mengobati sudah digelutinya sejak 1974. Selain itu, Uyut juga mengaku keturunan Prabu Geusan Ulun Raja Sumedang. Sehingga truh keturunan sebagai pengobat sudah menjadi warisan leluhur.

“Ada berbagai benda pusaka, mulai keris, kujang, Pedang/Samurai Shogun, dan benda pusaka lainnya. Selain pemberian, juga diambil dengan cara ghaib,” ujarnya.

Menurut Uyut, dalam pengobatan itu yang penting yakin ke Gusti Alloh, melalui perantara dirinya, Insya Allah berbagai keluhan bisa terobati atas izin allah.

“Pengobatannya tradisional, tidak membahayakan, hanya diberi doa, atau air minum, atau disuruh puasa. Ada juga yang melalui benda benda pusaka,” ujarnya.

Menurut Uyut bagi masyarakat Sumedang dan Jabar yang membutuhkan pertolongan dirinya tinggal datang ke kediamannya di Cidomas Desa/Kecamatan Cibugel. Pihaknya tidak mentarget biaya, hanya seiklasnya saja.

“Jangan khawatir masalah biaya, bagi Uyut yang penting sembuh dulu. Karena menolong itu Allah yang membalas langsung,” tandasnya.

Categories: Kronik