24 November Pembahasan Tuntas, Mulyono: Perubahan RTRW Kota Sukabumi 2021-2024 Merupakan Keharusan – El Jabar

24 November Pembahasan Tuntas, Mulyono: Perubahan RTRW Kota Sukabumi 2021-2024 Merupakan Keharusan

SUKABUMI, eljabar.com — Ketua Pansus Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2021-2041, Mulyono, menargetkan pembahasan RTRW tuntas pada akhir bulan ini. Hal itu mengingat, adanya pembatasan pembahasan yang tidak boleh melebihi waktu dua bulan semenjak turunya persetujuan RTRW dari pemerintah pusat.

“Jadi kita targetkan sekitar tanggal 24 November ini, semua pembahasanya sudah tuntas,” ucap Mulyono, usai melakukan rapat pembahsan dengan BAPPEDA Kota Sukabumi, Rabu (3/11/2021).

Mulyono mengungkapkan, dalam perjalanan pembahasan, dan hasil penjelasan dari pihak BAPPEDA, ada sekeitar 20 persen adanya perubahan tata ruang di Kota Suakbumi, sehingga diperlukan adanya perubahan RTRW tersebut.

“Karena ada perubahan makanya perubahan RTRW juga merupakan suatu keharusan,” ujarnya.

Sementara itu Plt. Kepala BAPPEDA Kota Sukabumi, Reni Rosyida Mutmainah, mengungkapkan, jika Raperda RTRW 2021-2041 ini dikarenakan adanya perubahan terhadap pola ruang pola struktur sebesar 20 persen.

Sehingga perlu dilakukan sebuah proses, mulai dari kajian analisa data, materi-materi teknis, dan lain sebagainya sampai keluar peretujuan substansi dari pemerintah melalui Kementrian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATRBPN).

“Setelah adanya persetujuan itu, baru kita lakukan pembahasan dengan DPRD yang saat ini sedang dilakukan,” ujar Reni.

Berkaitan dengan mengenai perubahan di RTRW itu, Sambung Reni, paling signifikan mengenai penambahan pusat pelayanan. Sehingga bukan hanya di wilayah Cikole saja, melainkan akan melebar ke Kecamatan Cibeureum.

“Begitu juga dengan antisipasi pemindahan pusat pemerintahan yang lokasinya sama di wilayah Cibeureum atau daerah selatan,” pungkasnya. (Anne)

Categories: Parlemen