400 Personel Gabungan TNI-Polri Ikuti Simulasi Penanggulangan Huru Hara Pilkada dan Pilkades Serentak di Sumedang - El Jabar

400 Personel Gabungan TNI-Polri Ikuti Simulasi Penanggulangan Huru Hara Pilkada dan Pilkades Serentak di Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Sebanyak 400 personel gabungan terdiri dari anggota Batalyon Raider 301 Prabu Kian Santang, Polres Sumedang, Kodim 0610, Subdenpom III/2-1 dan Satpol PP mengikuti simulasi penanggulangan huru hara Pilkada dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Sumedang, Jawa Barat yang akan berlangsung pada Rabu (16/12/2020) mendatang.

Penanganan huru hara pasca Pilkades dan Pilkada serentak ini digelar di lapangan Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Sumedang, Jumat (27/11/2020).

“Intinya, kami dari TNI siap membantu tugas kepolisian dalam penanganan huru hara terutama saat momentum Pilkades serentak di wilayah Sumedang. Selain itu, Yonif Raider 301 juga siap diterjunkan apabila diminta untuk membantu tugas kepolisian dalam penanggulangan eskalasi massa pasca kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di beberapa kabupaten/kota,” ucap Komandan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang, Mayor Infanteri Wahyu Alfiyan kepada TIMES Indonesia.

Sementara itu, Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menyatakan, sebanyak 1.100 personel Polres akan diterjunkan guna mengawal jalannya Pilkades serentak di Sumedang berlangsung aman dan kondusif.

“Selain anggota Polres Sumedang, pengamanan Pilkades akan dibantu anggota dari Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang, Kodim 0610, Sat Brimob Polda Jabar dan instansi terkait lainnya,” ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, Pilkades serentak tersebut akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Anggota kami akan disebar di 494 TPS se-Sumedang guna mengawal proses Pilkades berjalan aman, lancar dan kondusif,” ucapnya.

Terlebih, imbuh Kapolres, pihaknya telah mengimbau kepada sebanyak 336 calon kades dan sekitar 270.000 pemilih se-Kabupten Sumedang untuk ikutserta berpartisipasi menjaga keamanan, ketertiban juga kondusivitas.

“Kendati ditengah masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kami berharap momentum Pilkades serentak di Sumedang berjalan lancar, aman dan kondusif,” tutur Kapolres terkait kesiapan pengamanan Pilkades serentak di Sumedang. (Abas)

Categories: TNI / POLRI