Akhirnya Warga Dusun Citatah RT 01 RW 01 Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Memiliki Akses Jalan Ke Luar – El Jabar

Akhirnya Warga Dusun Citatah RT 01 RW 01 Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Memiliki Akses Jalan Ke Luar

SUMEDANG,eljabar.com — Setelah terisolir akibat dampak pembangunan Tol Cisumdawu, Dusun Citatah RT 01 RW 01 Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor akhirnya memiliki akses jalan ke luar. Sebelumnya, Dusun Citatah yang terdiri 12 KK terisolir akibat pembangunan jalan bebas hambatan tersebut. Sebelumnya, akses jalan warga keluar melintang ke Tol Cisumdawu ke dekat Lapang Golf BGG.

Ketua RT 01 Desa Cibeusi, Deni Lasmana mengatakan awalnya warga RT 01 memiliki akses jalan melintang melewati Tol Cisumdawu ke dekat BGG. Namun, karena ada pembangunan Tol, warga jadi terisolir tidak memiliki akses ke luar. Adapun, sekarang aktivitas warga hilir mudik ke ruas jalan tol. Sementara, jika tol sudah beroperasi maka warga tidak akan bisa melewati Tol Cisumdawu.

“Alhamdulillah sekarang berkat bantuan babinsa dan Binmas Desa Cibeusi, kami warga RT 01 dan warga Warukut Cileunyi Kabupaten Bandung bisa memiliki akses jalan ke pinggir jalan Tol Cisumdawu. Jalan itu nantinya akan keluar ke Pertigaan LAN Kiarapayung Jatinangor. Saat ini sedang proses pembangunan oleh Satker Tol sejauh 1,5 kilo meter,” ujarnya.

Deni pun mengimbau masyarakat agar sadar dan memaklumi bahwa yang menggarap lahan di pinggir tol (yang menanam tanaman) agar memaklumi dan meridokan tanamannya karena untuk akses jalan warga. Jikapun warga menuntut ganti rugi tanaman, maka dikhawatirkan akses jalan akan hilang.

“Intinya warga harus merelakan tanah garapan yang digarap untuk akses jalan saja. Dari pada mementingkan tanaman, tapi jangka panjang jalan tidak ada. Lebih memilih mana, jalan atau tanah garapan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 01 Agus Sumarno mengatakan sebelumnya memang RT 01 masuk ke wilayah RW 11, namun karena RW 11 sebagian besar tergerus tol Cisumdawu, sehingga RT 01 dimasukan RW 01. Dari dulu, lanjut Agus, RT 01 ada 12 KK dengan jumlah jiwa ada 45 orang dan jumlah rumah ada 10 bangunan. Disitu banyak anak anak dan warga yang bekerja ke luar wilayah, namun terkendala akses jalan yang terisolir.

“Alhamdulillah dengan adanya musyawarah dengan babinsa Binmas, pemerintah desa dan pihak subkontraktor Tol Cisumdawu, warga RT 01 jadi tidak terisolir lagi, sekarang mereka memiliki akses jalan yang sedang dikerjakan,” ujarnya.

Sementara itu, Babhinkamtibmas Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor, Bripka Herman Sutisna mengatakan warga agar berpikir terbuka dan melihat ke depan. Sebab, akses jalan ini sebagai akses ekonomi dan kemajuan wilayah. Lebih baik berkorban untuk kepentingan jangka panjang, dari pada mementingkan pribadi tapi akses tidak punya.

Herman berharap, warga tetap kondusif dan mengikuti arahan pemerintah agar tidak terjadi gesekan kedepannya. Sebab, Babhinkamtibmas dan Babinsa tujuannya menyuarakan kepentingan warga bukan kepentingan pengusaha atau segelintir orang. Yang terpenting, akses warga dulu agar tidak terisolir.

Seperti diketahui, rapat musyawarah akses jalan warga ini dihadiri Ketua RW 01 Desa Cibeusi Agus Sumarno, Ketua RT 01 Deni Lesmana, Babhinkamtibmas Desa Cibeusi, Bripka Herman Sutisna, Babinsa Cibeusi Sertu Deni Irawan,
Sekdes Cibeusi Agus Ruhiat, Humas CRBC Mulsani, dan perwakilan warga RT 01 Dusun Citatah.(abas)

Categories: Regional