Akibat Hujan Deras Tebing Ruas Pantai Molang Bululawang Longsor, Warga Diimbau Patuhi Rambu Pengaman – El Jabar

Akibat Hujan Deras Tebing Ruas Pantai Molang Bululawang Longsor, Warga Diimbau Patuhi Rambu Pengaman

BLITAR, eljabar.com — Peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atas potensi bencana hidrometeorologi yang disebabkan oleh fenomena La Nina, juga menimpa tebing pbangunan jalan lintas selatan Jatim.

Tebing yang terletak di sta 3+400 ruas Pantai Molang-Bululawang tersebut sebagian longsor hingga menyebabkan drainase yang terletak di bawahnya ambles. Namun, badan jalan yang telah diaspal di lokasi tersebut tidak terdampak dan mengalami kerusakan maupun deformasi.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, tebing di bukit ruas Pantai Molang-Bululawang sering ditemukan sumber air. Istilah warga setempat adalah ‘nyumber’.

PPK dari Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Jatim, Dinhassam Ario Kusuma membenarkan peristiwa longsor itu.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat yang sering melintas di ruas jalan yang belum resmi dioperasionalkan itu untuk hati-hati dan waspada.

“Kami imbau kepada masyarakat memperhatikan cuaca dan rambu-rambu yang telah terpasang agar terhindar dari risiko-risiko yang mungkin terjadi,” kata Ario, Sabtu (20/11/2021).

Imbauan tersebut, ia harap dipatuhi oleh warga masyarakat sampai pihaknya bersama stake holder pelaksanaan kegiatan melakukan penanganan pasca longsor di sta 3+400 ruas Pantai Molang-Bululawang.

Sebelumnya, sejumlah pihak juga mengingatkan, fenomena La Nina yang diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2022 agar menjadi kewaspadaan seluruh masyarakat, sebab fenomena alam ini bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. (*iwn)

Categories: Regional