Anatania Pratiwi, Kini Telah Mendapatkan Penanganan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang – El Jabar

Anatania Pratiwi, Kini Telah Mendapatkan Penanganan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang

Sumedang,eljabar.com — Anatania Pratiwi, remaja berusia 18 tahun yang didiagnosa TB paru sejak September 2021 telah mendapatkan penanganan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang melalui kunjungan rutin petugas Puskesmas.

Warga Gg. Nunu RT 3 RW 09 Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan itu terakhir mendapatkan kunjungan medis pada Rabu (12/1/2022).

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Sumedang Kabupaten Sumedang Uyu Wahyudin dalam keterangannya.

“Para petugas dan surveilans dari Puskesmas Sumedang Selatan didampingi petugas UPT laboratorium mendapati pasien dalam keadaan lemah dengan gejala kadidiasis oral dan diare,” ujarnya.

Oleh karena itu, pasien dirujuk untuk segera dirawat di Rumah Sakit.

“Pasien ini telah mempunyai JKN dan dua hari yang lalu telah dibawa ke RSUD Sumedang untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” ujarnya.

Menurut penuturan keluarga, sejak awal pengobatan Anatania tidak mau minum obat TB  dan selalu ia buang.

“Pasien menginginkan obat digerus setiap kali minum, tetapi PMO (pengawas menelan obat) tidak punya waktu untuk menggerus obat dan rumahnya terpisah sehingga tidak bisa merawat pasien secara lebih intens,” tuturnya.

Ia menambahkan, kondisinya sangat memprihatinkan karena asupan makanan yang kurang dan pasien susah meminum obat

“Dengan dirawat di Rumah Sakit, pasien mendapatkan penanganan secara khusus sehingga asupan makanannya terjamin, begitu juga pemberian obatnya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir berjanji akan terus memantau perkembangan kesehatan Anatania dan mencukupi kebutuhannya.

“Saya meminta Dinas Kesehatan untuk  terus memantau kondisi kesehatan Anatania. Bersama dinas terkait lainnya kita penuhi pula keperluannya,” kata Bupati.(abas)

Categories: Regional