Awas, di Kabupaten Bandung Terindikasi Beredar Akta Tanah Aspal – El Jabar

Awas, di Kabupaten Bandung Terindikasi Beredar Akta Tanah Aspal

KAB. BANDUNG, eljabar.com,– Buku tanah adalah dokumen dalam bentuk daftar yang memuat data yuridis dan data fisik suatu obyek tanah yang sudah ada haknya Sedangkan sertifikat diterbitkan untuk kepentingan pemegang hak yang bersangkutan sesuai dengan data fisik dan data yuridis yang telah didaftarkan dalam buku tanah.

Belakangan, di salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat terindikasi beredar buku akta tanah asli tapi palsu (aspal) yang diduga dikeluarkan oleh pemerintahan kecamatan tertentu 11 tahun lalu.

Sumber, sebut saja Riw, mengaku saat hendak mengurus akta tanah jadi sertifikat ke Badan Pertanahan Negara (BPN) Kab. Bandung harus menyertakan akta tanah asli yang ada di kecamatan. Pasalnya, imbuh dia, akta tanah terbitan tahun 2008 ditahan kecamatan.

“Namun setelah diambil dan dibawa ke BPN akta tanah yang saya miliki dinyatakan palsu, karena diduga ada dua obyek. Pertama tanah saya dan kedua ada obyek atas nama orang lain,” terang Riw, Jumat 26 Juli 2019.

Kemudian dia bergegas ke kecamatan menemui petugas untuk menyampaikan perihal akta tanah yang dimilikinya diduga palsu.

“Pihak kecamatan mengaku akan bertanggungjawab, kendati itu kasus lama,” tutur Riw menirukan pihak kecamatan.

Atas kejadian ini, Riw berpesan kepada masyarakat yang punya akta tanah yang diterbitkan di kecamatan tahun 2008, hendaknya berhati-hati dan segera mengurusi supaya tidak ribet dikemudian hari. “ Seperti pengalama saya, patut diduga di kecamatan lain di Kabupaten Bandung hal yang sama jugta terjadi,” ujarnya. (A56)

Categories: Regional