Banyak Warga Mengeluh, Proses Pembayaran Pembebasan Lahan oleh PT. CKJT tak Kunjung Usai

SUMEDANG, eljabar.com — Sejumlah warga Desa Mulyasari Kecamatan Sumedang Utara dan warga Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang yang lahannya terkena dampak pembangunan proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) keluhkan proses pembayaran pembebasan lahan, pasalnya proses pembayaran untuk pembebasan lahan tak kunjung selesai oleh PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Demikian disampaikan salahsatu Tokoh Desa Mulyasari Kecamatan Sumedang Utara, Deni Heripan kepada wartawan, Jum’at (28/12/2019).

Deni menjelaskan, warga masih bertanya tanya kapan realisasi pembayaran pembebasan lahan proyek Tol Cisumdawu itu selesai.

“Kami sangat kecewa, pembebasan pembayaran lahan Tol Cisumdawu oleh pihak terkait hingga saat ini tak ada kepastian yang jelas,” ujarnya.

Padahal, sambung Deni, dirinya bersama warga yang lain telah meminta kepada pihak CKJT pada bulan Desember 2019 dapat memenuhi tuntutan warga namun, menjelang akhir tahun 2019 belum ada tanda tanda akan dilunasi.

“Ironisnya, memang ada sebagian warga yang sudah beres pembayaran lahannya, namun sebagian ada juga yang belum selesai, malah ada warga yang belum menerima sepeser pun,” terangnya.

Menurut Deni, pembayaran pembebasan lahan Tol Cisumdawu di Phase II khususnya untuk warga Mulyasari, telah dilakukan secara bertahap sejak awal 2019.

“Kami kecewa setelah datang ke CKJT dan menyampaikan aspirasi, pihak CKJT tidak bisa menentukan kapan akan di bayar. mereka hanya menampung aspirasi masyarakat dan selanjutnya CKJT yang ada di Sumedang akan menyampaikan pada CKJT pusat atau atasannya,” tandasnya.

Hal senada disampaikan, Usep warga Jatinangor, dirinya menyesalkan pihak terkait yang belum menyelesaikan proses pembayaran pembebasan lahan Tol Cisumdawu.

“Terusterang saya kecewa dalam proses pembayaran pembebasan lahan Tol Cisumdawu, bangunan kan sudah dikosongkan tapi, pembayaran lahan tak kunjung selesai meskipun pihak terkait akan segera melunasinya, tapi entah kapan realisasinya,” pungakasnya.

Sementara itu, hingga berita ini diterbitkan, pihak PT. CKJT belum bisa memberikan keterangan lebih jauh kepada wartawan. (Abas)

Advertisement

Categories: Regional

Tags: ,,