Baznas Terus Dukung Pemkab Sumedang dalam Menyelenggarakan Berbagai Bantuan Sosial dan Kemanusiaan - El Jabar

Baznas Terus Dukung Pemkab Sumedang dalam Menyelenggarakan Berbagai Bantuan Sosial dan Kemanusiaan

SUMEDANG, eljabar.com — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dengan melaksanakan amanah dan tanggung jawab dalam menyelenggarakan berbagai bantuan sosial dan kemanusiaan, terlebih di masa Pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafas saat menyalurkan bantuan sebesar Rp. 1 miliar untuk biaya pendidikan, modal usaha, suplemen bagi tenaga medis dan bantuan kesehatan gratis yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Sumedang, di Gedung Negara, Kamis (12/11/2020).

“Baznas berkomitmen dalam menyalurkan berbagai bantuan sosial, khususnya di masa Pandemi Covid-19. Termasuk yang dilakukan sekarang sebesar Rp. 1 miliar dalam rangka kegiatan pemberdayaan dana Zakat, Infaq, dan Sedekah,” ucap Ayi.

Dikatakan, bantuan tersebut berupa beasiswa melalui Program Baznas Tawadu (Tabungan Siswa Dhuafa) untuk 1.968 anak didik pada tingkat SD/SMP/SMA dan sederajat, bantuan modal usaha untuk peningkatan ekonomi pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 sebanyak 100 orang, bantuan klinik gratis bekerja sama dengan Klinik Afiat Medika Farma dalam bentuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat

kurang mampu dan bantuan suplemen/vitamin bagi 500 Tenaga medis yang menjadi ujung tombak penanganan Covid-19.

“Mudah-mudahan program ini mampu meningkatkan semangat dan motivasi agar anak didik untuk terus belajar dan berprestasi, disamping membiasakan rajin menabung sejak dini,” imbuhnya.

Ayi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak BNI Cabang Sumedang yang telah menjadi mitra Baznas dalam menyediakan tabungan pendidikan bagi anak didik yang bebas biaya administrasi.

Ayi menambahkan, Baznas Kabupaten Sumedang juga telah meluncurkan Program Beasiswa Madani (Mahasiswa Darma Insani) yang merupakan bantuan untuk biaya pendidikan serta pendidikan karakter dan etika keagamaan bagi mahasiswa kurang mampu.

“Tujuannya agar para mahasiswa tersebut siap menjadi generasi penerus pembangunan yang cerdas, bertaqwa dan memiliki kepedulian sosial untuk berkarya dan mengabdi di tengah masyarakat. Untuk mengikuti program dimaksud, calon peserta dapat mendaftarkan diri secara online melalui website Baznas Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati H Dony Ahmad MunirĀ  mengapresiasi kepada Baznas Kabupaten Sumedang yang telah menjadi bagian solusi dan memberikan kemanfaatan dengan membuat berbagai program yang inisiatif dan tepat sasaran.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada BNI terutama dalam kolaborasi dengan Baznas terkait tabungan pelajar dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam pemberian bantuan. Saya harapkan agar para penerima bisa memanfaatkan semua bantuan dengan sebaik baiknya,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Regional