Kabupaten Sumedang Menuju Happy Digital Region - El Jabar

Kabupaten Sumedang Menuju Happy Digital Region

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menerima Masterplan Transformasi Digital menuju Sumedang Happy Digital Region dari Universitas Prasetya Mulya di Aula Pendopo IPP, Kamis sore (12/11/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Kepala Diskominfosanditik Iwa Kuswaeri dan para Camat beserta para Sekretaris OPD se-Kabupaten Sumedang.

Dengan adanya kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dengan Universitas Prasetya Mulya tersebut diharapkan dapat mendukung Visi Sumedang Simpati.

Perwakilan dari Universitas Prasetya Mulya Herdi Jaya Prawiradipura dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya diberi kepercayaan untuk membuat suatu rencana transformasi digital menuju Sumedang Happy Digital Region.

“Merupakan kebanggan bagi kami mendapatkan kepercayaan ini. Saya mempunyai keyakinan akan adanya transformasi digital di semua sektor dengan apa yang kita sebut dengan smart city,” ucapnya.

Oleh karena itu, pada hari itu pihaknya ingin memberikan hasil dari riset yang telah dilakukan.

“Pertama buku analisa riset strategis. Kedua kita membuat master plan dan road map. Di buku yang kedua kami mempunyai smart branding dan didalam buku ini terdapat tujuh bahasan hasil kajian kami,” ujarnya.

Bupati H Dony Ahmad Munir dalam sambutannya berterima kasih atas bantuan, perhatian dan kerja sama selama ini dengan Universitas Prasetya Mulya.

“Tahun lalu kita sudah MoU untuk bekerja sama dengan Universitas Prasetya Mulya dan beberapa hasil MOU telah dieksekusi dan diimplementasikan,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, tentunya penyerahan master plan tersebut sangat bermanfaat bagi Pemda Kabupaten Sumedang dalam mewujudkan Sumedang Happy Digital Region.

“Sebagaimana Visi Misi kami Sumedang Simpati, ada misi yang Keempat yakni Profesional Aparaturnya mengandung arti bertanggung jawab memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat diantaranya melalui layanan digital,” ungkapnya.

Bupati menerangkan, kolaborasi dengan berbagai pihak sangat diperlukan dalam pembangunan, salah satunya dengan pihak akademisi sebagaimana yang dilakukan dengan Universitas Prasetya Mulya.

“Inilah produk kolaborasi yang selama ini kita gaungkan dengan konsep pentahelix. Bagaimana ABCGM bisa terus kita sinergikan. Salah satunya di sini konsep akademisinya,” terangnya.

Oleh karena itu, Universitas Prasetya Mulya bisa melakukan hilirisasi terhadap hasil- hasil risetnya ke bawah sehingga bisa diimplementasikan bahkan menjadi sebuah kebijakan daerah.

“Apalagi dengan Pandemi Covid ini ada lompatan-lompatan berpikir sehingga ada target akselerasi dalam mewujudkan Sumedang Happy Digital Region,” ujarnya.

Ia menegaskan, pada akhirnya upaya-upaya tersebut akan bermuara kepada meningkatnya  pelayanan kepada masyarakat.

“Mempercepat dan mempermudah akan bermuara kepada kesejahteraan masyarakat kemajuan Kabupaten Sumedang. Itulah arti penting grand design Sumedang Happy Digital Region,” tegasnya. (Abas)

Categories: Regional