BBWS Cimancis Ajak Masyarakat Menjaga Infrastruktur Bendung Karet Tawangsari – El Jabar

BBWS Cimancis Ajak Masyarakat Menjaga Infrastruktur Bendung Karet Tawangsari

CIREBON, eljabar.com – Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi melakukan monitoring pelaksanaan rehabilitasi Bendung Karet Tawangsari Tahap II yang berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, pekan lalu.

Bendung Karet Tawangsari kini sedang dalam proses perbaikan. Proses perbaikannya pun dilakukan secara bertahap.

“Perbaikan Bendung Karet Tawangsari memerlukan biaya yang cukup besar, untuk itu perbaikannya dilaksanakan secara bertahap,” ujar Widadi.

Dengan perbaikan bertahap ini, imbuh Widadi, maka diharapkan akan mengembalikan fungsi utama bendung tersebut.

Fungsi utama yang dimaksud adalah mencegah instrusi air laut serta sebagai penyedia air baku dengan kapasitas 100 liter per detik.

“Kapasitasnya akan mencukupi kebutuhan air baku 10.000 masyarakat,” tuturnya.

Selain sebagai penyedia air baku, Bendung Karet Tawangsari juga akan mengairi kebutuhan irigasi seluas 1000 hektare yang tersebar di Desa Tawangsari dan sekitarnya.

Setelah rehabilitasi Bendung Karet Tawangsari rampung, Widadi berharap agar masyarakat juga ikut menjaga keberadaan infrastruktur sumber daya air tersebut.

“Caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai sehingga manfaatnya bisa tetap langgeng dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Widadi.

Sementara itu, dikutip dari laman lpse.pu.go.id, rehabilitasi Bendung Karet Tawangsari dilaksanakan oleh PT Kelman Infra Pratama dengan harga negoisasi sebesar Rp 31,22 miliar. (*wn/red/cimancis)

Categories: Regional